Mohon tunggu...
Heru Riswan
Heru Riswan Mohon Tunggu... Hoteliers

orang yang akan pergi bersama angin,,calon seorang sosiolog. mantan barista

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Vietnam Drip dan Kisahnya

9 Januari 2019   06:20 Diperbarui: 9 Januari 2019   07:03 0 2 0 Mohon Tunggu...
Vietnam Drip dan Kisahnya
Cindecafe.com

Sebagian besar penikmat kopi pasti sudah sangat familiar dengan alat seduh kopi manual yang satu ini, bentuk dan desainnya yang unik dan cukup sering bertengger di banyak kedai kopi menjadikan alat seduh kopi manual ini cukup banyak di gemari.  Berasal dari vietnam apalagi kalau bukan vietnam drip.  Kita tidak akan membahas kasus almarhum mirna dengan kasus ice coffee vietnam nya yang semakin membuat viral alat vietnam drip ini.

Mlgretail.co.id
Mlgretail.co.id
Vietnam drip cukup sangat terkenal baik di negerinya atau pun di asia sekalipun.  Bentuknya menyerupai cangkir kecil yang juga memiliki pegangan layaknya cangkir biasa, dengan banyak lubang di dasar alat manual ini.  

Seperti kebanyakan metode seduh manual dengan metode dripping, vietnam drip pun di proses dengan memasukan ground coffee yang di giling sesuai dengan ukuran untuk alat ini, selanjutnnya ground coffee yang sudah di masukan ke dalam alat ini di tutup dengan sejenis filter untuk menutup dan meratakan coffee sebelum kita seduh kopi yang sudah di masukan dengan air panas.  

Untuk ukuran dari gramasi kopi dan air menyesuaikan sesuai dari selera kita. Biasanya penyajian kopi vietnam drip menggunakan kopi robusta dengan di tambah condense milk sebagai pemanis kopi agar tidak terlalu pahit saat kita nikmati mengingat kopi robusta memiliki rasa yang cukup pahit.  Kopi robusta di pilih untuk bahan dasar kopi vietnam drip karena kopi robusta tidak terlalu asam dan sangat cocok untuk di campur dengan bahan lainnya.

Sejarah terbuatnya vietnam drip ini sendiri tak semanis kopi yang tersaji dan sangat terkenal seperti saat ini.  Perjalanan alat kopi ini memiliki sejarah yang cukup menyedihkan.  Vietnam mengalami krisis ekonomi yang cukup parah akibat perang yang berkepanjangan 1957 hingga 1975 hingga rakyat vietnam sangat kesusahan untuk menikmati kopi yang enak sedangkan di negara italia saat itu sudah di temukan mesin espresso sejak tahun 1960 yang cukup terkenal hingga vietnam.  

Sangat mustahil masyarakat vietnam untuk menikmati kopi espresso yang sangat mahal saat itu.  Dimasa kegentingan itulah muncul ide kreatif masyarakat vietnam untuk menciptakan alat seduh manual vietnam drip yang terkenal hingga saat ini.  

Mengapa vietnam drip selalu menggunakan susu kental manis karena keterkaitan iklim vietnam yang sulit mendapatkan gula sebagai campuran kopi.

Layaknya indonesia, sebagian besar masyarakat vietnam sangat menyukai kopi.  Sebagai penghasil kopi terbesar ke dua terbesar di dunia, produk kopi vietnam pun sangat di akui di dunia dengan kualitas yang baik.  Sebagian besar kopi yang di produksi berjenis robusta.  

Mulanya bibit kopi di bawa ke vietnam oleh seorang pastur berkebangsaan perancis pada tahun 1857, mula nya pastur tersebut menanam bibit kopi tersebut di dataran tinggi di vietnam.Tidak ada aturan baku untuk membuat kopi vietnam drip harus sesuai dengan aturan yang sudah baku, kita dapat bereksperimen dengan jenis kopi lainnya.  

Kopi vietnam drip cukup menjadi salah satu sajian kopi yang di gemari banyak orang.  Aroma yang khas di campur susu kental manis yang creamy membuat kopi vietnam drip menjadi menu wajib sebagian besar kedai kopi. Di tambah harga alat yang terhitung murah untuk kategori alat seduh manual sangat cocok untuk dijadikan koleksi alat kopi untuk di rumah.