Mohon tunggu...
Heru Subagia
Heru Subagia Mohon Tunggu... Relawan - Aktivis Kegiatan UMKM ,Relawan Sosial dan Politik

Menulis adalah media ekspresi tampa batas,eksplorasi dan eksploitasi imajiner yang membahagiakan . Menulis harus tetap bertangung jawap secara individu dan di muka umum. . Hobi menulis disela -sela kesibukan menjaga toko ,mengurus bisnis ,berkegiatan di umkm dan politik dan bisnis. Lingkungan hidup juga menjadi topik utana bagi penulis untuk advokasi publik berkaitan isu isu penyelamatan dan pelestarian alam . Mari kita gemar menulis , mendobrok tradisi ,menambah literasi dan menggugat zona nyaman berbagai kehidupan .

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ganjar-Zulhas Pasangan Ideal Nasionalis-Religius

12 September 2022   08:24 Diperbarui: 12 September 2022   09:43 178 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kode Keras Bahasa Isyarat Ganjar- Zulhas Satu Panggung . Menuju Duet Maut Capres- Cawapres 2024

Ada yang sangat istimewa dalam momen bersamaan Zulkifli Hasan dan Ganjar Pranowo  di Semarang (11/09). Dua tokoh nasional tersebut bertemu bersama dalam  acara "Jalan  Sehat Bersama" menyambut perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah  ke-48 yang dilaksanakan 18-20 September 2022 di Surakarta .  

Walupun kegiatan tersebut sama sekali tidak ada kaitan politik menuju pilpres 2024pertemuan tersebut diindikasikan mengandung simbol sangat bermuatan politik . 

Tentunya bukan tanpa alasan , pertemuan tersebut sebagai simbol pertemuan dengan elite partai dan kandidat tersohor capres 2024.

Penulis menemukan tafsiran politik sangat dalam pertemuan dua tokoh dalam satu panggung . Jika melihat mimik dan  bahasa tubuh dari kedua tokoh ini bisa diartikan hubungan mereka sangat spesial.

Bisa dikatakan sebagai kode keras bersahabat yang cukup akrab dan dekat. Bisa jadi mereka secara intensif melakukan komunikasi politik secara tertutup dan berkelanjutan.

Bayangkan,dalam satu panggung  Ganjar dan Zulhas sudah tidak canggung dan bercakap dan bercanda . Bisa saja momen kali ini menjadi pertanda politik jika  kedua tokoh nasional tersebut memang sudah layak masuk dalam bursa capres-cawapres  2024.

Dua tokoh ini mempunyai bargaining politik yang sangat potensial. Ganjar sebagai gubernur Jateng,pernah menjabat 2 kali anggota DPR RI  dan saat ini mempunyai elektabilitas capres terkuat di berbagai lembaga survei politik ,sementara Zulhas adalah ketua umum  Partai Amanat Nasional( PAN) dan sebagai penggagas terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu(KIB).

Zulhas mempunyai segudang jabatan politik sebagai ketua MPR,Menteri Perhutanan era SBY ,dan terakhir di era Jokowi terpilih sebagai Menteri Perdagangan dalam ressuflle Bulan Juni 2022.

 Dari sesi perwakilan golongan ,Zulhas mewakili kelompok Muhamadiyah sementara Ganjar sangat kental dengan tradisi NU.  Dua tokoh ini berasal dari     daerah berbeda. Dari sisi perwakilan geografis Ganjar wewakili daerah Jawa sementara Zulhas dari perwakilan Sumatera .

Dari sisi kepartaian ,Zulhas sebagai Ketum partai  memberikan warna partai berideologi nasionalis religius  ( PAN) dan Ganjar sebagai kader partai  mewakili kelompok nasionalis ( PDI P)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan