Mohon tunggu...
Herti Simbolon
Herti Simbolon Mohon Tunggu... Guru - Cikgu

semangat untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Antara Anak dan Orang Tua Zaman Now, Masalah Apa yang Dihadapi?

26 Juni 2022   16:01 Diperbarui: 3 Juli 2022   15:24 605 18 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kumpul keluarga. (sumber: DOK. SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Perkembangan karakter seeorang anak tidak terlepas bagaimana dia di bentuk dalam keluarganya. Ada pepatah mengatakan buah tidak jauh dari pohonnya artinya disini bahwa sifat anak tidak jauh dari orang tuanya. 

Ini bukan sesuatu yang mutlak namun kebanyakan fakta di lapangan yang sering terjadi kelakuan anak beda tipis dengan orang tuanya. 

Dalam hal ini perlu kerja keras orang tua untuk membentuk karakter anak dalam sebuah keluarga. Orang tua bukan hanya mencari uang untuk memenuhi kebutuhan anak anak namun harus benar benar memperhatikan perkembangan psikologis anak di masa usia yang dialaminya. 

Baik usia balita, remaja sampai dewasa. Pada masa usia remaja 12-15 tahun adalah masa yang genting bagi orang tua untuk memiliki tenaga ekstra untuk benar benar menggontrol tumbuh kembangnya anak secara khusus pergaulannya. 

Usia remaja 12-14 tahun di kenal dengan masa puberitas anak. Pencarian jati diri akan melalangbuana ke negeri yang tidak dikenal oleh kalangan umum jika lepas kontrol dari orang tua. 

Kebiringasan sianak mencari sesuatu yang baru akan berkembang terus seiring kecanggihan zaman. Perlu ada ruang komunikasi yang hangat dibangun antara anak dan orang tua. Masalah akan terpecahkan jika ada komunikasi, perhatian dan penghargaan terhadap anak. 

Sentuhan perhatian kepada anak anak era 2014  keatas tidak bisa disamakan dengan yang lahir di tahun 2014 kebawah. 

Walaupun jika dipetakan tahun 2000an adalah zaman milinial namun kecanggihan gadget ditahun 2014 ke atas begitu cepat dan fitur yang tersedia menggungah selera untuk terus memegang dan membuka segala informasi yang tersedia didalamya.

Zaman milineal yang penuh kecanggihan teknologi memberikan energi positif yang menyegarkan dan  tidak bisa dipungkiri dapat memberikan pengaruh negatif. 

Hal ini Teknologi akan menjadi hebat jika digunakan oleh manusia yang kreatif menghasilkan karya dan sebaliknya akan menjadi bencana hebat bagi yang salah menggunakannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan