Mohon tunggu...
Herry Wahyono
Herry Wahyono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Orang Baik

Sabar ... Sabar ... Sabar ... baru ikhlas.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Pecah Telor Cabang Angkat Besi untuk Filipina

27 Juli 2021   08:00 Diperbarui: 27 Juli 2021   08:03 49 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pecah Telor Cabang Angkat Besi untuk Filipina
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Hidilyn Diaz memenangkan emas pertama untuk Filipina cabang Angkat Besi, mengakhiri puasa emas selama 97 tahun.

Hidilyn Diaz membuat sejarah pada hari Senin ketika dia memenangkan medali emas untuk angkat besi 55 kilogram putri, mengakhiri kekeringan medali emas Filipina yang dimulai ketika pertama kali mulai berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas pada tahun 1924.

Diaz menang dengan total 224 kilogram, rekor Olimpiade dan hanya satu lebih dari finisher tempat kedua Liao Qiuyun dari China. Liao juga mencetak rekor dunia 55 kilogram pada 2019 dengan 227 kilogram.

Diaz telah melakukan dua upaya lain untuk mengangkat beban terakhirnya sebesar 127 kilogram, yang akan menempatkannya di depan Liao. Dia hanya memiliki satu upaya lagi, jadi semuanya bermuara pada lift terakhir yang dramatis. Begitu dia mengangkat palang di atas kepalanya dan mendengar bel, dia menjatuhkannya dan menangis ketika anggota timnya datang untuk memeluknya.

Filipina memenangkan medali perunggu pertamanya pada tahun 1928, ketika Teofilo Yldefonso menempati posisi ketiga dalam gaya dada 200 meter putra. 36 tahun kemudian, Anthony Villanueva memberi Filipina medali perak pertamanya dengan finis kedua di kelas bulu tinju. Tapi Senin adalah pertama kalinya lagu kebangsaan negara itu dimainkan selama upacara medali.