Mohon tunggu...
Herlina Setyaningsih
Herlina Setyaningsih Mohon Tunggu... SMK Negeri 1 Kendal

12 BDP 2

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mewujudkan Kantin Sehat SMK Negeri 1 Kendal

28 Januari 2021   09:03 Diperbarui: 28 Januari 2021   17:54 142 16 0 Mohon Tunggu...

Kantin adalah tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya. Kantin merupakan salah satu bentuk fasilitas umum ditempat usahanya, yang keberadaannya selain sebagai tempat untuk menjual makanan dan minuman juga sebagai tempat bertemunya atau berkumpul siswa. 

Kantin sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyediakan makanan jajanan sekolah bagi siswa, guru, dan karyawan untuk memenuhi kebutuhan makan siang. Perkembangan makanan jajanan di Indonesia yang berbasis home industry telah semakin maju, tak terkecuali yang dijajakan di kantin sekolah. Hal ini dapat dilihat dengan semakin beragamnya makanan jajanan yang ditawarkan di setiap sekolah.

Mewujudkan kantin yang sehat adalah hal yang sangat penting dan seharusnya diwujudkan oleh semua sekolah, karena hal tersebut sangatlah berpengaruh bagi seluruh siswa siswi, dan itu juga sangat mempengaruhi proses berlangsungnya belajar siswa siswi. Kesehatan jasmani sejatinya merupakan salah satu modal dasar dalam mencapai keberhasilan proses belajar. Hal ini karena kondisi fisik siswa akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan akademiknya. 

Siswa yang sering sakit-sakitan dan tidak masuk sekolah tentu akan sulit mengikuti pelajaran. Dalam hal ini sekolah mempunyai tanggung jawab moral dalam menciptakan lingkungan yang sehat untuk mendukung proses tumbuh kembangnya peserta didik.salah satu tanggun jawab sekolah dalam menciptakan lingkungan yang sehat adalah dengan menciptakan kantin yang bersih dan sehat, karena kantin sangatlah berpengaruh bagi seluruh siswa-siswi. 

Mewujudkan kantin yang sehat tentunya impian dan harapan bagi sekolah SMK Negeri 1 Kendal, karena kantin yang sehat sangatlah berpengaruh untuk kesehatan seluruh siswa SMK Negeri 1 Kendal, Namun Beredarnya jajanan yang tidak sehat di sekitar lingkugan sekolah SMK Negeri 1 Kendal tentu saja membuat kita harus lebih waspada. Banyaknya makanan yang mengandung bahan -- bahan kimia berbahaya seperti pewarna pakaian, zat pengawet sampai dengan minyak goreng bekas tentu akan sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus oleh anak. arahnya lagi, tidak sedikit siswa sekolah yang setiap hari mengkonsumsi jajanan berbahaya tersebut.

 Adapun harga yang murah ditambah kemasan yang menarik menjadi penyebab siswa menjadi pelanggan setia jajanan tersebut. Pola hidup yang tidak sehat seperti ini tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam jangka pendek, makanan yang tidak sehat tersebut dapat menyebabkan siswa terkena penyakit diare dan cacingan. Adapun dalam jangka panjang, penyakit gagal ginjal dan juga kanker hati siap mengintai.

Oleh sebab itu seluruh pihak sekolah SMK Negeri 1 Kendal melarang keras siswa untuk tidak jajan diluar sekolah pada saat jam istirahat, pihak sekolah SMK Negeri 1 Kendal lebih menyarankan untuk jajan dikantin ataupun dikoperasi yang lebih terjamin kebersihannya dan tentunya sehat .Beredarnya makanan yang tidak sehat seperti ini sejatinya disebabkan oleh lemahnya pengawasan pihak sekolah terhadap jajanan yang dijual dikantin maupun ditempat lainnya disekitar sekolah. 

Kondisi tersebut diperparah oleh lemahnya kesadaran siswa dalam membiasakan pola hidup sehat melalui konsumsi makanan yang bergizi. Salah satu cara yang paling penting untuk mewujudakan kantin sehat adalah kesadaran siswa sendiri untuk tidak jajan sembarangan, untuk bisa menghindari atau tidak membeli jajanan yang tidak sehat, selain itu siswa juga harus memperhatikan kebersihan pedagang yang menjual, apakah jajan yang kita jual itu bersih atau tidak.

Kritera kantin sekolah sehat menurut BPOM dan KOMENKES sendiri adalah:

1.Menyediakan makanan yang aman serta bersih

2.Mengajarkan cara mencuci tangan yang baik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN