Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Anak Muda Idealis di Tanah Papua

Perantau di Timika, Papua. Kontak 085242441580

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Sepuluh Gombalan Cinta dalam Sebuah Tas Noken Papua

10 Agustus 2019   11:06 Diperbarui: 10 Agustus 2019   11:55 0 2 1 Mohon Tunggu...
Sepuluh Gombalan Cinta dalam Sebuah Tas Noken  Papua
Dua Pemuda Papua Menggunakan Noken. Dok:Instagram @Napimofu

Noken adalah salah satu warisan budaya berharga dari Tanah Papua. Sampai-sampai salah satu lembaga PBB, UNESCO, mengakui keunikannya. Tas ini  terbuat dari bahan alami seperti  serat pohon  dan juga dari bahan buatan seperti benang.  Proses pembuatan, kekuatan, keunikan dari sebuah tas noken juga bisa diibaratkan perjalanan percintaan seseorang.

Noken mengandung nilai estetika/keindahan dengan pernak-pernik yang melekat pada tasnya. Begitupun dengan dirimu, yang begitu indah dipandang. Tak ada yang bisa mengalahkan pesonamu di pelupuk mataku. Bagiku, kamu telah mengalahkan indahnya Taman  Nasional Lorentz dan indahnya bulu burung cendrawasih.

Noken adalah tas yang tak bisa diremehkan kekuatannya. Begitu juga dengan  kekuatan cinta kita yang tak bisa diremehkan nilainya.  Sekalipun kamu ada di Pantai Ipaya, gelombang laut yang lumayan ganas akan diterjang sampai bisa tiba berlabuh di sana. 

Sekalipun kamu berada di Nduga, medan akan diterjang walaupun  bahaya peluru-peluru nyasar bisa datang kapan saja. Sekalipun kamu ada di Merauke, akan saya sambangi di titik akhir dari negara Indonesia ini. Ini adalah bukti kekuatan cinta sejati.

Noken itu berasal dari untaian benang yang kemudian dirajut Mama-Mama Papua. Begitu juga rasa sayang ini berasal dari untaian perasaan rindu yang selalu  kita rajut bersama. Saya percaya bahwa kelak dalam waktu dekat akan kita resmikan di altar pernikahan.

Noken bisa menjadi pelengkap aksesoris yang membuat penampilan makin yahud. Walau sudah pakai baju batik Papua dan topi Papua tapi kurang lengkap lagi rasanya kalau tidak menggunakan  sebuah noken. Seperti juga dalam kehidupan percintaan, kamu telah menjadi pelengkap kehidupanku. Tanpamu, hidup akan terasa hambar.

Penulis dan Nokennya. Sumber:Pribadi
Penulis dan Nokennya. Sumber:Pribadi

Semakin tinggi tingkat kesulitan, semakin banyak ornamen dan semakin besar ukuran sebuah noken maka semakin tinggi juga harganya. Begitu juga rasa cinta ini semakin lama kita jalani semakin saya sadar bahwa kamu adalah sosok yang  berharga yang diciptakan Tuhan untukku. Nilai rasa sayang dan cinta ini  begitu tinggi bahkanmengalahkan  nilai dari sebongkah emas dari Tembagapura.

Noken adalah sebuah tas yang bisa menampung berbagai macam barang mulai dari gadget, alat tulis menulis, hasil dari ladang dan masih banyak lagi. Hal ini juga juga menggambarkan ketegaran hati mencintaimu. 

Hati yang tulus mencintai akan bisa menampung  segala rupa dinamika percintaan mulai dari rasa galau,  rindu, sedih, dan gembira. Semuanya ditampung sebagai bentuk bahwa saya menerima segala macam kekurangan dan kelebihannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x