Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

ASN Belitung Timur, Traveler, Scholarship Hunter. Kontak 0852-4244-1580

Selanjutnya

Tutup

Money

Meraih Kedewasaan Berpikir dan Bertindak di Tanah Papua

6 November 2017   20:52 Diperbarui: 8 Juni 2018   10:12 888
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya meraih berbagai keberuntungan di Tanah Papua dimana saya mendapatkan kesempatan belajar banyak hal yang baru. Sukacita dan dukacita datang silih berganti. Berbagai dinamika kehidupan turut menempa tingkat keimanan dan mengasah tingkat kedewasaanku. Penasaran apa saja yang saya dapatkan di daerah di Ujung Timur Indonesia ini?  Berikut saya paparkan satu persatu :

1. Menurunkan Kadar Idealisme

Tak terasa sudah dua tahun saya lulus dari bangku perkuliahan. Boleh dikata masih ada sisa-sisa rasa idealisme mahasiswa dalam diriku. Ketika sudah berada di Papua dan menjalani berbagai dinamika hidup, saya menyadari bahwa jika saya mempertahankan jiwa idealismeku maka membuat saya susah berkembang mengingat saya masih tergolong baru. Oleh karena itu, saya harus bisa berkompromi dengan diri sendiri dengan menurunkan kadar rasa idealisme itu sambil beradaptasi mengamati lingkungan.

2. Terbiasa Tampil Profesional Dengan Rapi

Di instansi saya bernaung, kami memiliki seragam kerja yang mesti digunakan. Mulai dari baju putih dengan padanan celana biru, menggunakan ikat pinggang berlogo instansi saya, menggunakan wing/lambang di dada sebelah kiri  lengkap dengan papan pengenal, dan  menggunakan sepatu lapangan mirip yang digunakan aparat TNI dan Polri. Belum lagi kalau mendapat tugas jaga di lapangan, harus pakai rompi dan kopel. Awal-awalnya saya agak berat menjalaninya karena ribet dalam hal cara mengenakannya. 

Hal ini dikarenakan saya agak urakan dikit sebelum rasakan dunia kerja. Tapi cara berpakaian saya masih tergolong sopan sih. Biasanya hanya pakai kemeja yang dipadu dengan celana pendek. Sepatu pun terserah pilih yang mana. Setelah merasakan dunia kerja,  saya belajar untuk tampil rapi agar keliatan berwibawa sebagai petugas pelayan masyarakat. Kalau cara pakaian saja acak adut, bagaimana mau layani masyarakat dengan baik. Lagian juga terdapat pengaruh pakaian terhadap mood dan perlakuan  seseorang oleh karena itu saya harus memperhatikan kerapian dalam mengenakan pakaian kerja.

3. Beranikan Diri Berselfie/Swafoto

Sebelum menginjakkan kaki di Papua, saya tidak terbiasa melakukan kegiatan selfie/swafoto lalu diposting di media sosial. Saya biasanya memajang foto yang merupakan hasil cropping dari hasil foto bersama dengan teman-teman. Lagian juga, saya lebih suka mengambil foto orang ketimbang diri sendiri. Di Papua, saya mulai memberanikan diri. Mengingat teman-teman di sekitar saya suka berselfie akhirnya saya ikut-ikutan terpengaruh. Pengaruhnya positif sih. Walaupun wajah pas-pasan, sekali-kali nikmati hidup untuk bereksis ria.

4. Sabar Menjalani Karir

Jumlah keluarga saya di Papua bisa dihitung dengan jari. Itupun mereka bukan berasal dari kalangan tokoh masyarakat entah itu kalangan pengusah dan birokrat. Hal ini memompa saya untuk lebih bekerja lebih giat. Saya sadar diri bahwa saya takkan mendapat golden ticket mengingat saya dari kalangan biasa saja. Satu-satunya amunisi saya adalah berserah kepada-Nya dan mengerjakan tugas yang diembankan dengan tekun dan penuh tanggung jawab. Hal ini pula secara langsung membentuk diri saya lebih independen, mandiri, dan tidak terbuai dengan keadaan. Secara duniawi, mungkin pintu bagi saya untuk melesetkan karir akan susah. Tapi dengan kondisi ini, saya harus berusaha lebih keras lewat kinerja karena saya masih percaya Tuhan akan menutup mata bagi orang yang berusaha.

5.Tahan Hadapi Fitnah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun