Orang tidak rasional dan akan penasaran terhadap Judul atau Headline sebuah artikel, jika judul atau headlinenya menghipnotis.
Ini adalah satu bentuk shock induction (rasionalitas terjeda) karena membaca tulisan yang punya efek hipnotis.
Judul yang menghipnotis menyebabkan pikiran sadar menjadi terjeda/shock. Alias tak dapat membantah dengan alasan. Bahkan tidak ada alasan untuk menolak. Akhirnya artikel dibaca sampai selesai.
Berdasarkan survey hanya 2 dari 10 orang yang membaca artikel sampai selesai. Oleh karena itu penulisan judul sangat penting.
Perlu dihindari penulisan judul dengan penggunaan kalimat yang kurang tepat atau bahkan sangat panjang.
Karena hal ini hanya akan menimbulkan kesan jenuh di awal. Sehingga orang tidak akan tertarik membaca tulisan kita. Atau mau membaca tulisan kita tapi tidak selesai.
Kita harus mengetahui formula apa yang akan dipakai untuk merancang headline yang menarik sehingga menghipnotis pembacanya.
Kreteria judul yang menghipnotis Â
1. Â Menyangkut kepentingan pembaca (prospek)
2. Menggambarkan janji dengan jelas
3. Membangkitkan rasa ingin tahu.
Judul tersebut bertujuan menjelaskan kepada pembaca (prosoek) mengenai solusi yang kita tawarkan untuk permasalahan atau kebutuhan pembaca secara singkat.
Contoh judul yang belum menghipnotis
"Bagaimana cara menghasilkan lima juta perhari (bekerja dari rumah) dan tanpa harus pergi kemana mana?