Mohon tunggu...
herakhairunnisa
herakhairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswi PGSD Universitas Muhammadiyah Kuningan

Aku suka membaca, ketika membaca aku mendapatkan motivasi baru dan hal hal yag belum aku ketahui, dan aku menemukan kalimat : " Aku akan fokus pada hal-hal positif dan mensyukuri apa yang sudah aku miliki."

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Sebagai Fasilitator: Bagaiamana Cara Mengoptimalkan potensi siwa?

1 Juli 2025   10:17 Diperbarui: 1 Juli 2025   10:17 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto : Halaman Sekolah

Nah jadi seorang guru tidak hanya memberikan atau mentransfer ilmu saja tetapi guru juga Sebagai fasilitator pembelajaran, guru SD berperan penting dalam membantu siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara optimal. Fasilitasi ini mencakup menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mendorong siswa untuk aktif, menyediakan sumber belajar yang memadai, serta menggunakan teknologi pendidikan.    

Menurut salah satau guru di sd tersebut mengatakan abahwa ada beberapa cara untuk Mengoptimalkan Potensi Siswa:

1. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif:
Guru perlu menciptakan suasana kelas yang nyaman, aman, dan menyenangkan agar siswa merasa termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif.                                                                                                                                                                        
2. Mendorong Pembelajaran Aktif dan Kolaboratif:
Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi kelompok, kerja tim, dan
3. Memfasilitasi Pembelajaran Berbasis Proyek:
Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi minat mereka, menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Guru dapat membimbing siswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek mereka.
4. Mengembangkan Kemandirian Belajar:
Guru perlu mendorong siswa untuk menjadi pembelajar mandiri yang bertanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri.  
5. Memahami Perbedaan Individual:
Setiap siswa memiliki gaya belajar dan potensi yang berbeda-beda. Guru perlu memahami perbedaan ini dan memberikan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa.
6. Membangun Hubungan Positif:
Hubungan yang baik antara guru dan siswa menciptakan iklim belajar yang positif dan mendukung.
     

    https://pgsd.umkuningan.ac.id/

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun