Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dominik Livakovic "Sosok Heroik" Kemenangan Kroasia atas Jepang

6 Desember 2022   06:11 Diperbarui: 6 Desember 2022   07:11 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dominik Livakovic, pahlawan Kroasia dalam drama adu penalti melawan Jepang di 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto Reuters/Mathew Childs).

Dominik Livakovic adalah sosok kiper Kroasia sebagai pahlawan bagi Negaranya ketika membawa kemenangan 3-1 atas Jepang dalam drama adu penalti. 

Laga 16 besar Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Jepang tersebut berlangsung di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Selasa (6/12) dini hari WIB. 

Laga tim finalis Piala Dunia 2018 menghadapi Jepang ini, harus berakhir melalui drama adu penalti setelah mereka bermain 1-1 baik waktu normal maupun setelah perpanjangan waktu. 

Jepang lebih dulu unggul 1-0 pada babak pertama berkat gol dari kaki Daizen Maeda yang bertahan hingga turun minum. Ini adalah gol keduanya untuk Jepang dalam penampilan Maeda yang ke-11 bersama Samurai Biru di semua kompetisi.

Namun hanya 10 menit setelah babak kedua, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melalui sundulan Ivan Perisic yang memanfaatkan umpan lambung. 

Dengan gol ini, Perisic menjadi pemain Kroasia pertama yang mencetak gol di ajang lima turnamen besar yang berbeda yaitu Piala Dunia dan Euro. 

Skor imbang ini bertahan hingga 120 menit waktu pertandingan usai sehingga harus menjalani babak adu penalti yang cukup menegangkan bagi kedua tim. 

Kekalahan Jepang dalam adu penalti ini merupakan yang kedua di ajang turnamen besar ini. Mereka sebelumnya kalah dalam adu penalti di Piala Dunia 2010 di Spanyol dari tim Paraguay. 

Livakovic, kiper Kroasia adalah pemain asal Dinamo Zagreb yang malam itu tampil sangat luar biasa. Livakovic sukses menggagalkan eksekusi sekaligus tiga penendang penalti Jepang. 

Mereka adalah Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida yang harus gigit jari oleh reaksi cepat kiper Livakovic. 

Dengan hasil ini Kroasia berhasil lolos menuju babak perempat final dengan kemenangan adu penalti berkat skor 3-1 (1-1). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun