Mohon tunggu...
AkiHensa
AkiHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kiprah Tiga "Wonderkid" Timnas Garuda dan Pesan Evan Dimas

27 Januari 2022   07:09 Diperbarui: 27 Januari 2022   16:15 977 45 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Skuad timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura. Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga penentu Grup B, Minggu (19/12/2021). (Dok. PSSI via kompas.com)

Patut dicamkan sebuah pesan moral bagi para wonderkid kita dari sosok senior mereka, Evan Dimas. "Jaga mental dengan menerapkan disiplin dan profesional menjalani karir sebagai pesepakbola."  (Evan Dimas). 

Marselino Ferdinan adalah sosok pemain muda yang saat ini sedang mendapat perhatian karena penampilannya sangat mengesankan di usianya yang masih muda. 

Selain Marselino, dua pemain muda lainnya yang juga menjadi sorotan adalah Ramai Rumakiek dan Ronaldo Kwateh. Dua sosok muda ini juga menjadi perhatian para penggemar berat Timnas Garuda. 

BACA JUGA : Exco PSSI, Haruna Soemitro "Tetap Dukung" Shin Tae yong, tetapi Ini Syaratnya. 

Marselino adalah pemain muda yang mulai merumput di Liga 1, kompetisi level tertinggi di Indonesia. Tercatat sebagai pemain termuda ketiga yang debut di kompetisi profesional era Liga 1 sejak 2017. 

Pemain muda ini mulai dikenal publik saat membela Timnas Indonesia U-15 asuhan Bima Sakti pada 2019. Pemain binaan klub internal Persebaya ini jadi tulang punggung tim saat tampil di Piala AFF U-15 2019 yang lalu. 

Anak muda ini melakukan debut di Liga 1 pada 11 September 2021 atau hanya berselang tiga hari setelah hari ulang tahunnya yang ke-17. Marselino lahir di Jakarta pada 8 September 2004. 

Bersama Marselino, dua pemain muda lainnya yang melakukan debut di Liga 1 adalah Dony Tri Pamungkas bersama Persija, yakni 16 tahun, 8 bulan, dan 17 hari. Ronaldo Kwateh (Madura United), yaitu 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari. Sedangkan Marselino debut dalam usia 17 tahun 3 hari. 

Sejauh ini sejak debut tersebut, Marselino telah menjalani 13 penampilan dengan torehan 3 gol. Selain mencetak gol anak muda ini juga menyumbang 5 assis untuk gol-gol Persebaya. Ini menjadi data statistik sangat menggembirakan untuk penampilan seorang belia di bawah usia 19 tahun. 

Salah satu kelebihan pemain muda Persebaya ini adalah kemampuannya bermain pada berbagai posisi di lapangan. Marselino sudah sering bertukar posisi dari gelandang bertahan, serang, winger, hingga bek sayap. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan