Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lionel Messi Mengawali Perjuangan di Rusia Lawan Negara Kecil Eropa Ini

14 Juni 2018   06:05 Diperbarui: 14 Juni 2018   14:21 787 7 10
Lionel Messi Mengawali Perjuangan di Rusia Lawan Negara Kecil Eropa Ini
Lionel Messi (Foto Skysports.com)

Bintang Argentina ini benar-benar akan mempertaruhkan karir sepakbolanya di ajang Piala Dunia 2018. Dikutip dari Skysports.com(11/6/18) Messi mengatakan bahwa masa depan karir internasionalnya tergantung pada bagaimana Argentina tampil di Piala Dunia. Laga perdana mereka adalah menghadapi Islandia, negara kecil di Eropa yang merupakan debutan pesta sepakbola Dunia ini. Sebagai finalis Piala Dunia 2014 yang lalu, diatas kertas tentu saja Argentina sangat diunggulkan memenangkan laga ini.

Ada catatan 3 laga terakhir Argentina adalah mengalahkan Italia 2-0 (23 Maret 2018), kalah 1-6 dari Spanyol (27 Maret 2018) dan menang 4-0 atas Haiti (30 Mei 2018). Sebelum berlaga di Rusia mereka seharusnya melawan Israel dalam laga International pada 9 Juni 2018 namun dibatalkan karena diselenggarakan di Jerusalam merupakan kota yang masih menjadi konflik sehingga banyak menuai protes dari pihak Palestina. Dari 3 laga terakhir tersebut kekalahan dari Spanyol adalah skor terbesar yang belum pernah dialami Tim Tango ini sehingga harus menjadi catatan tersendiri.

Line up Argentina kemungkinan menurunkan formasi 4-4-2 dengan Willy Caballero berada di bawah mistar di cover oleh kuartet lini belakang yang terdiri dari Marcos Rojo,  Nicolas Otamendi, Federico Fazio dan Nicolas Tagliafico. Lini tengah diperkuat oleh Lanzini, Javier Mascherano, Giovani Lo Celso dan Angel di Mara. Duet penyerang Lionel Messi dan Gonzalo Higuan diharapkan mampu membuat gol demi gol untuk memuluskan jalan mereka menuju tangga teratas.

Skema yang diturunkan Jorge Sampaoli ini adalah starting eleven yang terakhir diturunkan ketika melawan Haiti dengan kemenangan 4-0 pada 30 Mei yang lalu. Mungkin ini adalah formasi yang menjadi andalan dalam laga-laga di Piala Dunia Rusia ini.

Sementara itu prediksi yang menjadi starting line up Islandia juga menggunakan formasi 4-4-2. Penjaga gawang adalah Halldrsson dengan kuartet lini pertahanan mereka yaitu Eyjolfsson, Arnason, Sigurdsson dan Sklason. Lini tengah diperkuat oleh Gudmundsson, Sigurdsson, Hallfredsson dan Bjarnason. Untuk duet penyerang Islandia yaitu Finnbogason dan Sigurdarson. Islandia dengan populasi hanya 340 ribu penduduk sangat kental memiliki tim dengan kekuatan kolektivitas yang kompak.

Gylfi Sigurdsson (Foto Skysports.com)
Gylfi Sigurdsson (Foto Skysports.com)
Menarik ditunggu penampilan Pemain Bintang Islandia bernomor 10 yang sangat berpengaruh terhadap kinerja Tim yang Gylfi Sigurdsson. Gelandang serang Islandia ini tidak diragukan lagi memilik visi bermain, kemampuan menembak dan keahlian set-piece. Mantan manager skuat Islandia Lask Lagerback pernah mengatakan bahwa : "Gylfi adalah pemain terbaik yang pernah saya tangani. Dia selalu bermain untuk tim dan harus menjadi salah satu pemain gelandang terbaik." Demikian katanya tentang pemain Everton tersebut seperti dilansir FIFA.com (21/12/17).

Menghadapi laga ini, Gelandang Islandia, Olafur Skulason mengatakan kepada Skysports.com (11/6/18) : "Saya bisa melihat surat kabar di negara lain berbicara tentang betapa tidak beruntungnya kami untuk mendapatkan kelompok semacam itu - tetapi itulah yang kami inginkan. Kami menginginkan pertandingan besar itu. Kami ingin bermain melawan Argentina. Mereka adalah tim luar biasa lawan kami laga pertama di Piala Dunia. " Bagi Skulason dan kawan-kawan hal tersebut adalah hal yang menjadi tantangan tersendiri.

Argentina boleh saja favorit memenangkan laga perdana ini. Mereka belum pernah bertemu dengan Islandia sebelumnya namun mereka sudah tahu bahwa tim negara kecil di Eropa ini pernah mengalahkan England, salah satu raksasa sepakbola Benua Biru dalam ajang Piala Eropa 2016. Maka masih tetap wajar jika Argentina harus berhati hati menghadapi laga ini. 

Kita tunggu bersama laga seru di Grup D Piala Dunia Rusia 2018. Jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda. 

#hensa14062018