Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Persija Day di Piala AFC, Dilema Lini Belakang Bisakah Diatasi?

15 Mei 2018   16:11 Diperbarui: 15 Mei 2018   18:11 589 2 2
Persija Day di Piala AFC, Dilema Lini Belakang Bisakah Diatasi?
Teco dan Ismed Sofyan (Foto Persija.id)

Sejak cedera yang dialami Jaimerson, bek tengah Persija asal Brazil ini, kekokohan lini belakang Persija sedikit goyah. Maman Abdurahman tidak mampu menerima beban tanggung jawab berat ini tanpa Jaimerson. Apalagi ditambah kiper utama Persija, Andritany harus menepi karena cedera cukup berat hingga harus melakukan operasi akibat insiden benturan saat memperkuat Timnas Asian Games di ajang PSSI Anniversary Cup beberapa waktu lalu.

Setelah vakum hampir dua pekan akibat penundaan jadwal Liga 1, praktis Persija baru turun lagi ke lapangan pekan lalu, saat melakoni laga leg 1 semifinal Piala AFC melawan Home United di Stadion Jalan Besar, Singapore. Pada laga ini sangat terlihat performa rapuhnya lini belakang Persija. Tiga gol Home United saat itu semuanya akibat keroposnya benteng Macan Kemayoran. Gol pertama dan ketiga adalah kesalahan masing-masing dari Maman dan Rizki Darmawan yang menggantikan Andritany di bawah mistar gawang. Gol kedua adalah akibat komunikasi yang buruk antara Maman dan tandemnya Vava Mario Zagalo.

Baiklah semua yang terjadi saatnya segera dilupakan namun jangan hanya sekedar dilupakan. Evaluasi dan memperbarui tekad sangat penting. Pelatih kiper Persija, Ahmad Fauzi terus memompa semangat untuk Rizki Darmawan dan Daryono, dua kiper asuhannya. Mereka harus tampil lebih baik lagi untuk laga selanjutnya bersama Macan Kemayoran. Saat ini keduanya sangat dibutuhkan tenaganya pada laga leg kedua semifinal Piala AFC Zona Asia Tenggara menghadapi Home United, Selasa (15/5/2018) pukul 18.30 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta setelah dipastikan Andritany harus absen.  

"Saya kira Rizky harus melupakan laga yang kemarin. Saatnya mengembalikan kepercayaan dengan bermain maksimal dan berikan yang terbaik untuk Persija," kata Fauzi kepada situs resmi klub, Persija.id (14/5/18).

Harus diakui jam terbang Rizky sangat minim apalagi untuk mengarungi ajang selevel Piala AFC yang merupakan debutnya bersama Persija. Namun jika pelatih kembali memberikan kesempatan kepadanya maka hal itu adalah sangat bijak karena akan memberikan rasa percaya dirinya tumbuh kembali.

Demikian pula untuk Maman Abdurahman, sebaiknya Pelatih Teco kembali menurunkannya dalam laga leg kedua ini untuk memberi kesempatan kepadanya bisa menebus kesalahan fatalnya saat leg pertama di Singapore pekan lalu.

Lini belakang Persija sangat penting untuk dibenahi dan saat ini mereka harus kembali kompak. Rezaldi Hehanusa mungkin sudah bisa kembali merumput memperkuat full back kiri sementara di kanan Ismed Sofyan masih penting dipertahankan. Maman dan Vava sebagai duet bek tengah harus lebih kompak dan hasil evaluasi laga di Singapore harus menjadi pedoman penting bagi mereka dalam laga ini.

Selamat bertanding Persija. Kehormatan NKRI ada ditanganmu wahai skuat Persija.

#hensa15052018