Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Melawan City di Etihad, Chelsea Terpaksa Harus Parkir Bus

5 Maret 2018   08:49 Diperbarui: 5 Maret 2018   09:27 690 7 9
Melawan City di Etihad, Chelsea Terpaksa Harus Parkir Bus
Selebrasi Pep Guardiola (Foto Mancity.com)

Game week ke 29 Premier League baru saja usai dengan kemenangan tuan rumah City 1-0 atas Chelsea. The Citizens sekarang mengoleksi 78 poin, memimpin 18 angka atas peringkat kedua Liverpool, 19 angka atas Manchester United di posisi ketiga, yang baru bertanding Senin (5/3/18) menghadapi tuan rumah Crystal Palace. 

Bagi Chelsea kekalahan ini adalah  kedua kali berurutan di Kota Manchester setelah pekan lalu juga harus menyerah 2-1 di Old Trafford kontra Manchester United. Hasil ini membuat Tim Antonio Conte terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan, tertinggal lima poin dari Tottenham Hotspur di tangga keempat klasemen (Premierleague.com 4/3/18).

Formasi standard Antonio Conte adalah 3-4-3 namun seperti sudah diduga akhirnya Conte harus menerapkan formasi bertahan dengan 5-4-1 menggunakan Eden Hazard sebagai false nomor 9 yang dalam beberapa pertandingan peran ini cukup berhasil. Empat midfielder mereka berusaha meredam pergerakkan ancaman David Silva, Gundogan dan De Bruyne. City mendominasi selama babak pertama namun Chelsea berhasil bertahan dengan skor 0-0 dengan formasi ketat mereka meredam para penyerang agresif Pep Guardiola.

Walaupun akhirnya tembok kokoh Chelsea harus runtuh juga. Hanya dalam waktu sekitar 35 detik sejak peluit babak kedua dimulai, sebuah umpan lambung dari Ilkay Gundogan gagal diantisipasi dengan baik oleh Andreas Christensen sehingga  bola dapat diambil oleh Aguero. Pemain Argentina ini leluasa memberikannya kepada David Silva dan gelandang plontos Spanyol ini langsung melepas crossing mendatar yang dengan mudah dikonversi Bernardo Silva menjadi gol.

Kerja sama antara dua Silva ini menjadi klimaks permainan City karena sebuah gol ini merupakan langkah penting mereka menuju tangga juara Premier League. "Ini terasa seperti kemenangan yang signifikan, saat Anda bermain sebagai juara.  Anda tahu mereka bermain bagus dan bertahan dengan baik. Kami tidak dapat menemukan ruang pada awalnya tapi kemudian Bernardo mencetak golnya. 

Ini adalah tiga poin yang sama, apakah Anda mencetak satu, dua atau tiga gol jadi kami sangat senang. Pekan yang sulit dengan tiga pertandingan tapi kami memenangkan Piala Carabao dan kami mendapat dua kemenangan liga untuk membawa kami lebih dekat ke Premier Liga." Demikian David Silva, gelandang serang asal Spanyol ini mengatakan kepada Mancity.com (5/3/18).

Sementara itu Sang Pencetak gol Bernardo Silva berhasil mempertahankan penampilannya yang bermain sangat impresif. Gelandang asal Portugal ini menyempurnakan penampilannya dengan sebuah gol penting malam itu namun tetap waspada untuk tidak kehilangan fokus. Memang punggawa City sudah hafal benar bagaimana  Chelsea bermain. Hal inilah yang dilakukan City dengan menerapkan permainan agresif untuk mendominasi laga sejak menit pertama.

Tidak bisa dihindari Chelsea menghadapi City di Etihad memang harus "parkir bus" bertahan hingga menit akhir. Conte pada akhirnya menurunkan Giroud di menit ke-78, kemudian Morata di menit akhir laga, namun hal itu tidak menghasilkan perubahan yang berartis. 

Chelsea tetap saja kewalahan menghadapi ball position para pemain City dan pressing mereka saat kehilangan bola. Chelsea hanya melepas tiga tembakan sepanjang laga berlangsung dan tidak satu pun yang  tepat sasaran.

David dan Bernardo sudah menatap laga berikutnya. Sergio Agueropun masih tetap haus dengan gol untuk mengejar koleksi 24 gol milik Salah dan Kane. Ada diposisi ketiga dengan 21 gol, Aguero masih memiliki peluang mencetak gol dalam laga-laga di depan.

Satu langkah sudah dilalui, tinggal 4 kemenangan lagi dari sembilan laga tersisa. Tidak sulit bagi Pep Guardiola dan City untuk mewujudkannya. Trofi Liga Primer sudah di depan mata. 

#hensa05032018

Baca Liga Primer Inggris di Kompasiana :

Ini Curhat Antonio Conte

Lawan Chelsea Laga Penting bagi City