Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Ibu dari seorang putri | Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Volksfest Wasen di Stuttgart, Dampak Letusan Gunung Tambora

27 September 2023   02:56 Diperbarui: 27 September 2023   20:28 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Volksfest Wasen di Stuttgart, dampak letusan gunung Tambora | foto: stuttgarter-nachrichten.de/ in Stuttgart / Thomas Niedermueller—

Jerman salah satu negara maju yang masih menggelar pesta rakyat dan seremoni tradisionalnya. Satu dari pesta rakyat yang sangat dikenal adalah Oktoberfest yang berlangsung di Munich, yang merupakan pesta rakyat terbesar di dunia. Oktoberfest dikenal dengan sebutan Wiesn, dari Theresienwiese, tempat pesta ini digelar. 

Therese adalah Putri Therese von Sachsen-Hildburghausen yang menikah dengan calon Raja Ludwig I. von Bayern. Wiese adalah padang/lapangan rumput. Padang rumput tempat berlangsungnya perayaan pernikahan mereka dinamakan Theresienwiese. Tempat yang sama dan kemudian menjadi tempat berlangsungnya Pesta Rakyat Oktoberfest.

Jika penduduk negara bagian Bayern (Bavaria) menggelar Oktoberfest setiap tahun di Kota Munich (München), negara bagian Baden-Württemberg juga menyelenggarakan pesta rakyat yang besar di Kota Stuttgart, tepatnya di distrik Bad Cannstatt

Cannstatter Volksfest Wasen

Pesta Rakyat masyarakat Swabia (Schwaben) di Kota Stuttgart ini dinamakan "Cannstatter Wasen" atau cukup menyebut "Wasen" saja. Sebutan lainnya adalah Cannstatter Volksfest (Pesta rakyat Cannstatt).

Wasen adalah rumput atau tanah lembab. Cannstatter Volksfest diselenggarakan di padang rumput, di tepian Sungai Neckar di Bad Cannstatt. Ini alasan pesta rakyat ini dinamakan Cannstatter Wasen.

Pawai diselenggarakan di pesta rakyat Cannstatt Wasen | foto: commonswikimedia/ Xocolatl
Pawai diselenggarakan di pesta rakyat Cannstatt Wasen | foto: commonswikimedia/ Xocolatl
Tahun ini Wasen dibuka pada tanggal 22 September lalu. Festival rakyat di Stuttgart ini biasanya dimulai pada awal musim gugur dan berlangsung selama 3 minggu. 

Cannstatter Wasen merupakan pesta rakyat ketiga terbesar di dunia. Tercatat beberapa tahun terakhir ini lebih dari 4 juta orang hadir untuk memeriahkan pesta rakyat Swabia ini. 

Letusan Gunung Tambora 

Perayaan pesta pernikahan Putri Therese von Sachsen-Hildburghausen dan Raja Ludwig I. von Bayern melahirkan pesta rakyat Oktoberfest di Munich. Berbeda dengan Oktoberfest di Munich, pesta rakyat Wasen di Stuttgart lahir dengan latar belakang yang memilukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun