Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Bolehkah Membawa Rendang Masuk ke Jerman?

12 Agustus 2022   06:11 Diperbarui: 12 Agustus 2022   21:02 1105 79 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bolehkah membawa Rendang masuk ke Jerman? | Foto: unsplash/ RomainMathon—

Pertanyaan sejenis ini masih sering diajukan seseorang di grup travelling di media sosial. 

Jawaban dari anggota grup juga beragam. Ada yang mengatakan cek langsung di peraturan resmi melalui website bea cukai negara tujuan, ada yang menjawab "katanya", dan tidak sedikit juga yang menuliskan:

"Nggak apa-apa. Bungkus rapi masukkan koper bagasi. Aman sampai mendarat di Jerman."

Ini biasanya jawaban orang yang telah melakukan sendiri atau ada pengalaman dari orang yang dikenalnya dan "lolos" dari pemeriksaan. 

Sebetulnya, jawaban yang paling tepat itu adalah mengecek langsung peraturan negara tujuan lewat situs internet yang tersedia dan gampang diakses. Peraturan seperti ini pasti tersedia dalam bahasa Inggris. 

Seandainya sulit mengerti dan rumit, ada cara lain. Cari informasi di website Kedutaan/Konsulat negara tujuan yang ada di tanah air.

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, semestinya seseorang mencari tahu apa saja barang yang boleh dibawa masuk sebagai oleh-oleh maupun untuk dikonsumsi sendiri.

Produk daging hewan

Komisi Eropa dan otoritas pengawasan pangan nasional mengatur dengan ketat beberapa komoditas yang boleh masuk ke Jerman dan negara-negara Uni Eropa. 

Ada beberapa barang yang berasal dari luar negara Uni Eropa (EU) yang dilarang keras masuk ke wilayah Jerman. Misalnya, produk susu dan daging hewan, berupa daging mentah maupun yang sudah diolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan