Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

4 Hal Penting Ketika Merencanakan Liburan ke Luar Negeri Saat Pandemi

26 Juli 2021   06:26 Diperbarui: 28 Juli 2021   02:00 612 68 32 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Hal Penting Ketika Merencanakan Liburan ke Luar Negeri Saat Pandemi
4 hal penting ketika merencanakan liburan ke luar negeri saat pandemi | foto: pixabay/Edeltravel—

Pekan ini adalah minggu terakhir sekolah di negara bagian Baden-Württemberg. Liburan musim panas dimulai tanggal 29 Juli, selama enam minggu.

Enam minggu terasa sangat panjang dan membosankan jika tidak pergi ke mana-mana. Iya, itu perasaan sebelum pandemi. Saat ini, untuk pergi liburan jauh banyak sekali yang harus dipertimbangkan. 

Pandemi memang belum usai. Masih panjang perjalanan untuk menjinakkan virus ganas ini. Saat ini di Jerman angka insiden rendah dan jumlah warga yang telah menerima vaksin covid19 semakin banyak. Kehidupan perlahan-lahan mulai berjalan ke arah normal.

Jerman dan sebagian negara-negara lain sudah membuka kembali negara dan tempat wisata untuk para pelancong. Hal ini tentu dilakukan dengan aturan masuk dan protokol kesehatan yang ketat.

Tahun ini kami sekeluarga belum ada rencana untuk liburan jauh keluar dari wilayah Eropa. Paling-paling hanya sampai di negara tetangga yang bisa dijangkau dengan mobil dalam waktu yang tidak lama.

Memang kami bukan termasuk keluarga yang cukup nekad, meskipun telah mendapat vaksin lengkap. Kami hanya memilih jalan yang aman saja. Tidak ada yang tahu pasti bagaimana keadaan di satu tempat, karena angka infeksi dapat berubah dengan cepat.

Mengambil pelajaran dari tahun lalu, setelah liburan musim panas, angka insiden tiba-tiba melonjak dan sulit dikendalikan. Virus ini akan mengiringi kehidupan kita untuk waktu yang lama. Kita semua sama-sama berusaha melemahkannya.

Setelah "terkunci" lebih dari setengah tahun, kini waktunya untuk sedikit menikmati keleluasaan di tengah pandemi. Tentu dengan memperhatikan dan mematuhi aturan yang berlaku.

Bagi yang merencanakan liburan ke luar negeri di masa pandemi ini, ada 4 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memesan tiket dan hotel.

Travel warning

Cari tahu dan perhatikan travel warning dari Kementerian Luar Negeri. Seandainya tiket perjalanan sudah dipesan, sementara negara tujuan masuk dalam daftar zona merah, maka perjalanan dapat dibatalkan dan uang kembali, atau melakukan penundaan keberangkatan.  

Karantina dan sistem kesehatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN