Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mengintip Marriage Market, Pasar Jodoh di Shanghai

20 Mei 2021   05:42 Diperbarui: 20 Mei 2021   09:11 1370 84 38 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Marriage Market, Pasar Jodoh di Shanghai
Ilustrasi orangtua lihat CV yang ditempel di Shanghai Marriage Market China.| Sumber: hnlove.com via travel.tribunnews.com

Satu taman luas yang sangat dikenal di tengah kota Shanghai adalah People's Park. Letaknya di Distrik Huangpu, di tepi Sungai Huangpu dan sisi utaranya berbatasan dengan Sungai Suzhou.

Distrik Huangpu adalah distrik pusat kota bagian selatan Shanghai, pusat atraksi wisata yang menjadi tujuan utama pelancong. The Bund (Waitan) dengan Skyline kota Shanghai, tempat belanja Nanjing Road, Shanghai Museum, dan People's Square berada di sini. 

Saya sering sekali jalan-jalan dan melintasi tempat ini. Sesekali mengajak anak saya bermain di taman sekitar museum sambil melihat warga lokal bermain layangan.

Banyak sisi taman yang belum saya datangi karena luasnya People's Park. Suatu siang, saya makan bertiga dengan teman di warung mie. "Eh, kalian sudah mampir belum ke Love Market di People's Park?" Novie yang sudah lama menetap di China bertanya kepada kami berdua.

The Bund Shanghai | foto: HennieTriana
The Bund Shanghai | foto: HennieTriana

Sedikit heran saya bertanya, di sebelah mana taman. Lilly dan saya sudah pernah mendengar tentang "Pasar Jodoh" ini, tetapi belum pernah melihat langsung. Lilly mengajak saya untuk pergi mengunjungi marriage market bersama-sama. 

Marriage market yang terorganisasi seperti ini pertama kali diadakan tahun 2004 di Longtan Park Beijing. Diprakarsai oleh beberapa pensiunan yang sering berolahraga di taman. Dari percakapan mereka, diketahui banyak dari anak mereka yang belum menikah.

Acara perjodohan pun dilakukan dengan memberikan informasi anak masing-masing. Sejak saat itu, di taman-taman kota besar seperti Beijing, Shanghai, Wuhan, Hangzhou, dan beberapa kota lain menjadi pasar perjodohan yang tidak resmi.

Marriage Market Shanghai

Banyak yang menyebutnya "Marriage Market", ada juga yang menamakan "Love Market". Pasar perjodohan ini buka pada siang hari hingga pukul 17 setiap Sabtu dan Minggu.

Perjodohan di marriage market Shanghai | foto: Jpbowen—
Perjodohan di marriage market Shanghai | foto: Jpbowen—

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN