Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jianbing, Santapan Pagi Favorit dari Beijing

21 Januari 2021   16:01 Diperbarui: 21 Januari 2021   16:02 452 72 29 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jianbing, Santapan Pagi Favorit dari Beijing
Jianbing -foto: HennieTriana

Gara-gara melihat siaran di televisi mengenai jajanan di berbagai dunia, termasuk di Cina, saya rindu juga dengan Jianbing. Pancake yang sangat populer sebagai santapan pagi hari ini bisa ditemukan di setiap sudut kota Beijing

Pagi hari banyak orang yang akan berangkat kerja mampir untuk membeli penganan ini. Penjual jianbing bisa ditemukan di kedai, atau warung tenda, ada juga yang menggunakan gerobak, mirip penjual jajanan di Indonesia. 

Bukan pemandangan yang aneh setiap pagi banyak orang menyantap jajanan ini sambil berjalan menuju tempat kerja, menikmati sarapannya saat masih hangat. Banyak juga yang membawanya sebagai bekal untuk dinikmati di tempat kerja.

Hampir setiap pagi putri saya minta dibelikan jajanan ini. Kebetulan di warung sebelah apartemen tempat tinggal kami ada penjual jianbing. Rasanya memang agak pedas, karena sausnya mengandung cabai. 

Ketika saya pesan pertama kali, jianbing tanpa saus cabai untuk anak saya, penjualnya heran dan mengatakan tidak enak tanpa saus cabai. Akhirnya dia mengerti saat saya katakan untuk anak saya yang saat itu masih balita. Hari-hari berikut, penjualnya sudah tahu jika saya memesan jianbing untuk putri saya.

Asal mula jianbing

Jianbing (kue goreng) sebetulnya bukan berasal dari Beijing. Sejak abad ke-3 jianbing sudah dikonsumsi oleh masyarakat di provinsi Shandong. Menurut legenda, seorang juru masak tentara kehilangan wajannya, saat ia akan memasak makanan dari adonan tepung. 

Kemudian, atas perintah seorang jenderal, juru masak itu untuk menggunakan perisai prajurit yang terbuat dari tembaga sebagai ganti wajan. Adonan tepung itu pun dimasak di atas perisai menjadi pancake yang tipis. 

Kue goreng ini kemudian diwariskan secara turun temurun dan menyebar ke seluruh wilayah Cina bagian utara. Setiap daerah memiliki ciri khas campuran untuk membuat jajanan lezat ini, ada yang membuat adonan dari campuran tepung terigu dan tepung kacang hijau, ada pula yang terbuat dari tepung kacang hitam.

Jianbing memang bisa dikatakan jajanan dari Beijing. Dari berbagai ragam yang ada, jianbing dari Beijing adalah yang paling dikenal luas. Oleh sebab itu sering disebut dengan nama "Beijing Pancake", atau "Beijing Crepes". Melihat cara penjualnya membuat makanan ini, mirip dengan pembuatan martabak telur (martabak mesir).

Melalui pengalaman pertama membuat jianbing ini, saya harus mengakui bahwa sangat sulit menghasilkan jianbing seenak yang dijajakan di Cina. Perlu latihan yang berulang-ulang hingga (mungkin) mendekati rasa dan bentuk aslinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x