Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Wildbrücke, Jembatan Penyeberangan Satwa Liar di Jerman

2 Juni 2020   07:58 Diperbarui: 2 Juni 2020   16:09 660 75 39 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wildbrücke, Jembatan Penyeberangan Satwa Liar di Jerman
Foto: Luftbildservice-Bernot/sueddeutsche.de

Hari Sabtu kemarin saya dan suami pergi untuk keperluan mengurus rumah mertua yang sedang dalam pengalihan dari penyewa lama ke penyewa baru. Di jalanan sudah terlihat aktivitas masyarakat yang mulai menuju ke arah new normal.

Dibandingkan tiga minggu yang lalu ketika kami melintasi jalan tol ini, terlihat sangat lengang. Bahkan bisa ngebut jika sedang berada di ruas tanpa batas kecepatan, bagi yang suka ngebut.

Jarak rumah kami ke mertua sekitar dua jam perjalanan, untuk menghemat waktu biasanya kami memilih melewati jalan tol. Di sepanjang jalan tol yang biasa kami lintasi ini ada berbagai jembatan yang melintang, menghubungkan sisi kiri dan kanan jalan.

Salah satu jenis dari jembatan-jembatan tersebut adalah Wildbrücke, jembatan yang terlihat bukan seperti lintasan jalan raya ataupun jalan tol yang bertingkat.

Jalan tol sering dibangun menembus gunung atau membelah hutan, tempat yang dihuni tumbuhan dan hewan liar. Pembangunan jalan yang kita butuhkan untuk memperlancar aktivitas hidup kita ini ternyata tanpa kita sadari mengganggu ketenangan hidup hewan dan tumbuhan di tempat tersebut.

Belakangan ini banyak kita baca, dengar dan lihat di berita, sejak masa karantina di saat pandemi, hewan-hewan liar bebas keluar dan menampakkan dirinya di tempat-tempat yang tidak biasa mereka datangi, termasuk di daerah perumahan warga. Pada kenyataaannya di tengah kesunyian yang manusia ciptakan, hewan lebih leluasa bergerak.

Biasanya memasuki musim gugur hewan-hewan liar sering tiba-tiba menyeberang jalan. Mereka keluar untuk mencari makanan karena hari sudah mulai gelap, mulai musim gugur matahari terbenam lebih cepat.

Di jalan raya, di luar pemukiman warga sering terlihat rambu dengan gambar hewan tertentu, agar pengendara waspada dengan hewan yang kemungkinan melintas. Sedangkan di jalan tol yang kecepatan kendaraannya lebih tinggi tentu lebih berisiko bagi hewan liar.

Ratusan ribu satwa liar yang mati setiap tahunnya, seperti rusa, rubah, babi hutan, dan lainnya. Untuk meminimalkan jumlah kecelakaan demi keselamatan pengemudi dan hewan tersebut maka salah satu caranya adalah membuat Wildbrücke. Jembatan ini juga berguna untuk menjaga kelestarian aneka ragam hewan dan tumbuhan di habitatnya.

Wildbrücke berasal dari kata wild = liar, dan brücke = jembatan,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x