Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Biarritz-Perancis, Desa Nelayan yang Menjadi Istana Napoleon III

29 Mei 2020   09:10 Diperbarui: 29 Mei 2020   16:29 287 68 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Biarritz-Perancis, Desa Nelayan yang Menjadi Istana Napoleon III
Biarritz- foto: HennieTriana

Ada sembilan negara tetangga yang mengelilingi Jerman, salah satunya adalah Perancis, yang terletak di barat daya (south west) negara ini. Dari tempat tinggal kami ada beberapa kota yang cukup terkenal oleh wisatawan yang tidak terlalu jauh untuk dikunjungi. Tetapi bukan kota Biarritz, yang jaraknya 1.300 km dari rumah kami. 

Jika kita punya cukup waktu, menjelajahi Eropa sangat menyenangkan melalui darat. Dengan catatan harus singgah dan menginap di beberapa kota, agar liburan tidak hanya menghabiskan waktu di jalan raya.

Biarritz terletak di teluk Biskaya, pesisir Atlantik, di ujung barat daya negara Perancis, dekat dengan perbatasan negara Spanyol. Biarritz berada di region Nouvelle-Aquitaine (New Aquitaine). Nama “Aquitania” diberikan oleh bangsa Romawi, yang menaklukkan wilayah ini pada abad ke-6 SM.  

Kota Biarritz terkenal dengan pantainya yang sangat indah, dulunya merupakan tempat liburan para bangsawan. Biarritz terkenal sebagai kota tempat tetirah dan juga digemari oleh para peselancar.

Waktu yang paling ideal untuk ke tempat ini adalah antara bulan Mei dan Oktober, temperatur udara berkisar 19 hingga 26 derajat Celcius. 

Pantai di Biarritz- foto: HennieTriana
Pantai di Biarritz- foto: HennieTriana
Kami berkunjung pada bulan September akhir hingga awal Oktober, saat liburan sekolah yang bukan liburan musim panas. Sangat nyaman walaupun banyak sekali peselancar yang sedang bertanding saat itu.

Desa Nelayan
Pada abad pertengahan wilayah ini adalah tempat perburuan paus. Di teluk Biskaya terdapat sangat banyak paus, sehingga menangkapnya juga relatif gampang. Pada saat air pasang paus diseret ke dalam cekungan di pantai, kemudian dipotong di sana pada saat air surut.

Penangkapan paus akhirnya dihentikan pada tahun 1654. Yang tersisa adalah pemukiman kecil di tepian laut, yang sekarang bisa dinikmati para wisatawan.

Istana Eugenie Napoleon III
Eugenie -- yang lahir dengan nama Eugenia Maria de Montijo de Guzman di Granada, Spanyol -- pada tahun 1835 ketika ia masih anak-anak pergi berlibur dengan ibunya di pantai Biarritz. Eugenie kecil yang senang bermain di pasir dan air yang dangkal pada saat itu sangat terpesona dengan pantai ini.

Tahun 1852 Eugenie bertemu dengan Napoleon III, saling mengenal dan jatuh cinta. Setelah menjadi permaisuri, karena keterikatannya dengan Biarritz, maka didirikanlah bangunan di Biarritz sebagai kediaman mereka pada musim panas. 

Hotel du Palais-foto: HennieTriana
Hotel du Palais-foto: HennieTriana
Hingga tahun 1870 beberapa pertemuan dan pembicaraan diplomatik antar raja dan ratu dari Kekaisaran lain berlangsung di villa yang dikenal dengan nama “Villa Eugenie

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN