Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sonntagsruhe, Hari Minggu Toko-toko Tutup di Jerman

2 Maret 2020   11:56 Diperbarui: 3 Maret 2020   16:01 1000
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Tim Mossholder from Pexels

Dua minggu lalu putri saya mengatakan persediaan tepung terigu di dapur habis. Padahal saya belum lama membelinya. Belakangan ini dia sering mencoba resep-resep sederhana dari video yang sering tontonnya. Saya biarkan saja dia berkreasi di dapur. Yang penting dapur harus kembali bersih dan rapi setelah itu.

Hari ini hari Minggu, saya tidak mungkin pergi ke supermarket untuk membeli terigu. Semua toko dan supermarket tutup di hari Minggu.

"Besok Mama belanja."

"Nggak bisa Ma. Besok pelajaran bahasa Perancis. Aku harus bawa Crepes ke sekolah." Anak saya menyaut.

Mau gimana lagi. Saya pakai cara bertetangga di Indonesia saja. Saya minta anak saya ke tetangga sebelah rumah untuk "meminjam" tepung terigu, besok akan saya beli dan digantikan. Hubungan baik dengan tetangga memang memungkinkan untuk saling membantu dengan model meminjam seperti ini. 

Anak saya kembali dari rumah tetangga dengan senyum sumringah membawa sebungkus tepung terigu ukuran 1kg yang masih cukup penuh. 

"Nggak perlu diganti Ma. Gabi bilang ini hadiah untuk aku." Dia berkata sambil senyum-senyum.

Ia lalu ke dapur mempersiapkan bahan-bahan untuk adonan Crepes, agar besok pagi tidak terlalu repot untuk membuatnya.

Aturan jam buka usaha di Jerman

"Laut der Bibel soll der Mensch am Sonntag ruhen und am Sonntag sollte auch Zeit fuer den Gang zur Kirche bleiben"

("Menurut Alkitab, orang-orang harus beristirahat pada hari Minggu dan menyediakan waktunya untuk beribadah ke gereja pada hari Minggu")- (focus.de)

Dulunya ada pengaruh gereja, yang tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Pihak gereja khawatir jika pada hari Minggu orang-orang disibukkan dengan urusan dagang maka akan ada penurunan jumlah umat yang beribadah ke gereja.

Selain itu permintaan dari serikat pekerja untuk memberlakukan satu hari libur dalam seminggu untuk para pekerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun