Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengenal Pfahlbauten Unteruhldingen Jerman, Museum Arkeologi Outdoor Terbesar di Eropa

30 Desember 2019   09:20 Diperbarui: 30 Desember 2019   21:42 205 30 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Pfahlbauten Unteruhldingen Jerman, Museum Arkeologi Outdoor Terbesar di Eropa
Bodensee - dok. Hennie

Bodensee

Danau Constance (Konstanz) atau Bodensee sebutannya dalam bahasa Jerman, letaknya di tiga negara yaitu Jerman, Austria dan Swiss. Luas danau ini  536 km2 lebih kecil sedikit dari luas pulau Samosir di tengah Danau Toba.

Walaupun luasnya hampir sebesar pulau Samosir, Danau Constance ini adalah danau terbesar di Jerman. Tidak hanya daerahnya yang indah karena dikelilingi kebun-kebun anggur dan apel di sekitarnya (bahkan sepertiga produk apel di Jerman berasal dari daerah Bodensee ini),  tetapi juga kualitas air di danau ini yang sangat bagus menjadikan air dari Bodensee adalah salah satu sumber air minum di Jerman.

Rumah panggung - dok. Hennie
Rumah panggung - dok. Hennie

Jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah kami, sekitar 150 km. Sebetulnya bisa pulang hari itu juga, tetapi karena ingin berlama-lama dan jalan-jalan di sekitar tempat ini maka kami putuskan untuk menginap semalam. Banyak penginapan tersedia di sekitar daerah ini. Tetapi jika masa liburan sekolah ada kemungkinan hotel penuh di mana-mana jika tidak memesan jauh hari. Bodensee ini adalah salah satu tempat liburan yang paling banyak dikunjungi.

Pfahlbauten - dok. Hennie
Pfahlbauten - dok. Hennie

Pfahlbauten

Selepas makan siang kami pun berjalan menuju Pfahlbauten. Seperti biasa di Jerman, letak tempat wisata itu hampir selalu tidak terletak tepat di pinggir jalan. Kita akan selalu diharuskan untuk berjalan walaupun tidak harus berjalan  jauh menuju tempat wisata tersebut. Ini mungkin juga karena kebiasaan orang sini yang sering berjalan kaki.

Di Gemeinde (kotamadya) Unteruhldingen, negara bagian Baden-Wuertemberg, di salah satu sisi danau indah ini terdapat rumah-rumah panggung atau Pfahlbauten yang merupakan museum outdoor  dan lembaga penelitian yang berusia hampir 100 tahun, dibangun pada tahun 1922.

Rumah-rumah panggung yang berjumlah 23 rumah ini adalah rekonstruksi dari rumah asli penduduk di sekitar pegunungan Alpen pada zaman Batu dan Perunggu (4000 hingga 850 SM). 

Rekonstruksi rumah ini dibuat berdasarkan temuan, penelitian dan keterangan arkeologi, juga dari penggambaran cerita-cerita rakyat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x