Mohon tunggu...
Hendrik Eka
Hendrik Eka Mohon Tunggu... Programmer - Programmer

Seorang introvert, lebih banyak menghabiskan waktu sendirian di depan laptop, pemalu, tidak begitu suka keramaian. Hobi fotografi, menonton film, baca manga, bermain game, atau membaca artikel online.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

iPadOS 16 Beta Akan Membawa Fitur Stage Manager ke iPad Pro Gen 3 dan 4

2 Oktober 2022   01:16 Diperbarui: 2 Oktober 2022   01:19 213 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kredit gambar oleh 9to5mac.com

Ini mungkin salah satu perubahan terbesar yang diumumkan Apple dengan iPadOS 16 nya di awal tahun ini yaitu Stage Manager, sistem multitasking yang sama sekali baru di mana sistemnya menambahkan jendela yang tumpang tindih dan dapat diubah ukurannya di iPad. Fitur tersebut juga berfungsi pada monitor eksternal, pertama kalinya untuk iPad dapat melakukan hal tersebut selain melakukan mirror layar mereka di monitor. Sayangnya, fitur tersebut terbatas hanya untuk iPad dengan chip M1 saja yang mencakup iPad Pro 11 dan 12,9 inci yang dirilis pada Mei 2021 serta iPad Air M1 yang dirilis Apple awal tahun ini.

Saat ini, Apple sedang membuat Stage Manager agar dapat berfungsi di perangkat lamanya, fitur ini akan berfungsi pada iPad Pro 11 inci (generasi pertama hingga yang terbaru) dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ketiga hingga yang terbaru). Spesifiknya, fitur ini akan tersedia pada model tahun 2018 dan 2020 yang menggunakan chip A12X dan A12Z dan bukan hanya untuk chip M1 saja. Namun, ada satu fitur penting yang hilang untuk model iPad Pro lama, yaitu Stage Manager hanya akan berfungsi pada layar internal iPad saja. Anda tidak akan dapat memperluas layarnya ke monitor eksternal.

Apple juga mengatakan bahwa developer beta 5 dari iPadOS 16 menghilangkan dukungan layar eksternal untuk Stage Manager di iPad M1, fitur yang di mana sudah ada sejak iPadOS 16 beta pertama dirilis beberapa bulan yang lalu. Fitur tersebut akan diperkenalkan kembali dalam pembaruan perangkat lunak yang akan datang di akhir tahun ini. Mengingat bahwa beberapa komunitas iPad cukup vokal tentang masalah dengan Stage Manager, terutama saat menggunakannya dengan layar eksternal, masuk akal jika Apple membutuhkan waktu ekstra untuk terus mengerjakannya.

Yang jelas kita harus mencoba Stage Manager di iPad Pro generasi lama sebelum kita dapat menilai seberapa baik fitur tersebut bekerja, meskipun begitu bisa dikatakan bahwa chip A12X dan A12Z masih sangat kuat, jadi berharap saja pengalaman yang akan kita rasakan tidak akan jauh berbeda dengan iPad M1. Meskipun sedikit mengecewakan bahwa dukungan monitor eksternal tidak disertakan, akan tetapi ini masih merupakan berita yang harus disambut baik oleh para penggemar yang membeli iPad termahal milik Apple dalam beberapa tahun terakhir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan