Mohon tunggu...
Hendra Purnama
Hendra Purnama Mohon Tunggu... Freelancer - Seniman yang diakui negara

Penulis yang tidak idealis, hobi menyikat gigi dan bernapas, pendukung tim sepakbola gurem

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Penduduk Dunia Sudah 8 Miliar, Apakah Salah Satunya Jodohmu?

1 Desember 2022   22:45 Diperbarui: 1 Desember 2022   23:00 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buat yang belum tahu, sebenarnya pada tanggal 15 November 2022 kemarin PBB resmi mengumumkan bahwa populasi penduduk dunia mencapai angka 8 miliar! Wew, perlu 12 tahun untuk mencapai mengubah angka 7 miliar jadi 8 miliar, dan diperkirakan sekitar tahun 2037 penduduk bumi akan tembus angka 9 miliar! Menurut data, lebih dari separuh populasi itu ada di India, China, Amerika Serikat, Pakistan, Nigeria dan Brazil.

Kalau menurut PBB, penyebabnya jelas: tingkat kesuburan yang tinggi dan peningkatan drastis dalam rentang usia manusia. Berarti di sini ada andil juga dari kemajuan teknologi kesehatan dan obat-obatan, dengan adanya kemajuan di bidang itu, harapan hidup manusia akan lebih tinggi.

Namun kalau menurut saya, sepertinya wabah Covid-19 kemarin memunculkan dua hal: banyak manusia yang meninggal, tapi sekaligus banyak kehamilan karena banyak pasangan yang "terpaksa" diam di rumah selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Tidak heran kalau setelah wabah itu jadi banyak kehamilan, dan otomatis menambah populasi dunia.

Penambahan populasi ini bisa berdampak buruk, dan bisa juga berdampak baik. Tergantung kita mau melihatnya dari sudut pandang mana.Nah, lewat tulisan ini, saya mau menebak-nebak kemungkinan yang terjadi di masa depan setelah kita mencapai milestone ini.

#1 Gampang Cari Jodoh

Ini kemungkinan yang pertama kepikiran. Mungkin bagi jamaah yang masih jomblo, jodohnya belum ada di kisaran 7 miliar kemarin. Kemudian Tuhan memberikan tambahan 1 miliar manusia lagi, nah masa sih masih susah juga cari jodoh?  

Bayangkan, dari 8 miliar itu, 50.42% nya adalah laki-laki dan 49.58% nya adalah perempuan, silahkan hitung sendiri jumlah pastinya. Kalau kita lihat data dari statisticstimes.com, pada rentang usia 20-29 tahun atau usia-usia manusia biasa kepikiran nikah, ada 614 juta laki-laki berbanding dengan 576 juta perempuan.

Jadi buat para perempuan, tenang saja, ternyata data statistik menunjukkan bahwa sekarang saatnya laki-laki lah yang harus mengejar kalian. Buat laki-laki, tetap semangat, ingat satu hal: semua yang bilang sayang akan kalah dengan yang berani meminang.

#2 Perlu Makanan Alternatif

Logikanya sederhana: makin banyak manusia, makin banyak mulut yang harus dikasih makan. Sementara urusan pangan di dunia ini juga tidak sedang baik-baik saja, saat ini saja sekitar 36 negara menghadapi tingkat darurat kelaparan, seperti di Afghanistan, Kongo, Haiti, Ethiopia, Nigeria, Syria, Sudan, Pakistan, dan Yaman. Tidak heran orang tua kita sejak dulu mengajari kita untuk tidak membuang-buang makanan. Bukan semata-mata menghormati jerih payah petani, tapi juga secara tidak langsung bertenggang rasa pada mereka yang kelaparan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun