Hendra Josuf
Hendra Josuf Mohon Tunggu... Lainnya - berdiam di new york city, usa

sekolah tinggi bahasa asing di tangerang

Punta Cana Resort, Dominican Republic

20 Juni 2021   08:29 Diperbarui: 20 Juni 2021   08:31 262

Summer Vacation di pertengahan tahun 2021 ini, kami nikmati di kepulauan Karibia, tepatnya di pesisir pantai Dominican Republic bernama Puntacana Resort selama kurang lebih semingu.Tanah kapur berwarna putih kering dengan tumbuhan belukar sejenis diatasnya dari ujung ke ujung terlihat jelas ketika kami memasuki komplex hotel.Begitu shuttle bus menurunkan penumpang dan kopor2nya di pemberhentian sementara, sebuah kendaraan terbuka, mirip yang di pakai pegolf, mentansfer kami ke main lobby, dimana seorang karyawan  wanita telah siap dengan minuman dingin di tangga  gedung. kami  kemudian d persilahkan antri check in, sementara karyawan lain membuka counter2 baru untuk mempercepat service kedatangan tamu2 hotel.

Kesan pertama saya setelah memperhatikan posture tubuh segenap karyawan, saya menyimpulkan mereka mirip2 dengan saudara2 kita dari Ambon, dan belakangan saya dengar  banyak dari mereka keturunan bangsa Haiti yang datang kesini mengadu nasib.Cara kerja mereka yang cekatan, menunjukkkan suatu koordinasi yang bagus,  karena tidak satupun karyawan yang nampak bengong atau  menganggur.Semua sibuk menghadapi serbuan turis manca negara yang haus hiburan meski masih dalam masa pandemik.Test covid tidak di tanyakan secara detail, si petugas hanya ngukur panas tubuh kami di kening lalu di biarkan nyelonong masuk.Dan setelah semua clear, kami di persilahkan ke kamar masing2 buat istirahat.Kebetulan kamar yang saya dan istri tempati, terletak di lantai bawah, hingga memudahkan kami keluar- masuk.Namun pada blok lain nampak  deretan kamar  yang pada bagian depannya di sediakan kolam renang, dan di setiap sudut terdengar alunan musik dari speaker yang ujungnya di tanam di sisi jalan,  betul2 memanjakan pengunjung.Di ruang tamu kamar kami juga di sediakan bathtube besar yang  bersih mengkilap, cuman tidak pernah kami pakai, takut jatuh dan keseleo.Bisa2 buyar dah liburannya.

dok;excellentresort.com
Kedatangan kami di resort  petang itu di mulai  dengan makan malam di restaurant Amerika,kemudian  di lanjutkan dengan  ngobrol di  patio dimana dengan bebas  pandangan bisa kami layangkan  ke arah pantai Atlantic yang permukaannya sekali2 berkilat di sapu sinar rembulan. Angin semilir2 mengelus kulit kami demgan lembut.Malam yang sedikit  romantis terasa "merayap"  dengan cepat. Tidaklah mengapa, pikir saya, soalnya semua  rombongan kami  telah berstatus kakek dan nenek.Di saat kami  beranjak meninggalkan ruangan,  saya masih sempat melirik dan mengaggumi kolam renang besar di mana bagian  tengahnya terdapat bar berbentuk bundar.

Keesokan harinya, pagi2 setelah sarapan, kami mulai survey keliling taman, lalu mencebur ke pantai.Arus yang deras membawa tubuh kami sedikit ketengah.Namun tak lama kemudian terseret lagi ketepian.Demikian lah seterusnya sampai  waktunya makan siang.Sore nya kami ke pantai lagi berbaring di kursi panjang, sambil memperhatikan acara2 yang mereka tampilkan dan   tamu2 hotel di libatkan, seperti :permainan ketangkasan lempar bola, lalu di ikuti dengan tarian merengge, tarian khas orang Hispanic.

Di hari ke 3  masih kami lalui dengan ber-senang2, kalau bukan di pantai, di kolam renang, sambil minum juice atau semacamnya di tepi kolam.Waktu terus berlalu tanpa kami sadari, dan seperti biasa di lanjutkan dengan makan siang atau malam di restaurant yang berbeda.Untuk hari itu kami coba restaurant Itali, lalu balik lagi ke kamar, istirahat buat simpan tenaga hari berikutnya.

Ada acara khusus buat kami di hari ke 4, yaitu mengunjungi pulau Sauna yang letaknya  berjauhan dari hotel.Kami harus naik bus  ke  tempat berlabuhnya sejumlah boat yang akan membawa kami ke kapal persiar yang berlabuh  agak jauh dari bibir pantai.Pasti airnya dangkal sampai dia tidak mau merapat, pikir saya.

Dokumen pribadi
Dan akhirnya  kapal pesiar pun  bergerak meninggalkan pantai setelah di jejali turis sekitar 30 orang.Segera setelah  di beri pengarahan dan informasi seadanya dari crew, maka acara yang merekasusun mulai di jalankan.Pertama acara pose pengambilan gambar buat turis yang ingin di foto, kedua acara bergerombol lalu prakterk tari2an spanish, yang di selingi dengan gerak tarian sedikit jorok.Dan ketika kapal telah mendekati pesisir pulau Sauna, penumpang di perbolehkan turun/melompat kelaut karena  crewnya tahu  kedalam air tidak  terlalu dalam.Letak pulau Sauna sebenarnya satu rangkaian dari pesisir pantai, jadi bukan pulau yang lepas dari daratan.Saya jadi bingung ketika mereka menyebut pulau, tapi bergandengan dengan pesisir pantai.Ataukah pesisir pantainya yang panjang?Kurang tahu dah.

Tiba disana, kami di suguhi makan siang seadanya, seperti salad , ayam goreng dan mie.Ada juga penjual kelapa muda seharga 2 biji $ 5.00.Sayapun di kejutkan dengan tawaran pijat selama 1 jam $ 50.00.Setelah  di tawar mau saja ibu2 itu, dengan $25.00 perjam.Apa jadinya, setelah saya dan seorang teman di pijat sekitar 20 min, mereka berhenti lalu minta ongkos.Sialan luh.

Di pulau Sauna, tidak banyak yang kami lakukan selain mandi2 sebentar lalu berjemur di bawah pohon kelapa.Beberapa kali penduduk lokal datang menawarkan barang souvenir tapi tidak kami ladeni karena harganya  mahal.Setelah istirahat secukupnya, para crew mulai berteriak memanggil kami berkumpul  lalu  di bopong satu persatu ke atas boat yang kemudian melaju kembali ke resort Punta Cana.

Di tengah  deruman motor speed boat, dan gemercik air disisinya, dan di sela kabut tipis yang mengambang di permukaan laut terlukis beberapa resort yang pernah saya kunjungi, diantaranya Cancung di Mexico, Nassau di Bahama, dan Punta Cana di Dominican Republic, semuanya menyajikan pantai gersang, dan jarang di tumbuhi pepohonan lebat.Kemudian pemandangan Bali terlintas pula di depan saya, terlihat hutan dan pegunungan yang asri, hawa laut yang sejuk, dan penduduknya yang ramah, membuat saya tersenyum

lebar.Betul Bali masih memiliki ke istimewaan.Bukan karena saya orang Indonesia maka saya memihak Bali, tapi ini kenyataan, meski Bali masih punya ke kurangan, sebut saja, pekerja2 yang sedikit lamban, kebersihan lingkungan,dan kedisiplinan orang2 yang di kategorikan mengganggu privasi pengunjung.

Tak terasa speedboat sudah sampai di tempat semula.