Mohon tunggu...
Mutmainah
Mutmainah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Masih Belajar ✊

MBTI : INTP-T Dengarkan apa yang dibicarakan, jangan lihat siapa yang berbicara.`If you choose it you must be responsible for it ! 🦋'

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Atur Suasana Hatimu dengan "Self Talk"

19 Agustus 2022   21:19 Diperbarui: 19 Agustus 2022   21:19 77 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Suasana hati seseorang terkadang dapat berubah ubah secara tiba-tiba, pagi ceria saat siang tiba-tiba mood udah pengen marah aja'-'

Ada beberapa faktor yang menyebabkan suasana hati tidak terkontrol, entah itu dari kerjaan kita, atau orang orang yang kita temui, masalah yang menghatui, uang yang menipis, dan lain sebagainya. 

Kita sebagai manusia amat sangat wajar jika sering mengeluh dan mudah putus asa dengan apa yang kita alami. Mengatur suasana hati memang tidaklah mudah, perlu adanya dorongan hati agar kita selalu positif vibes dalam segala kondisi. 

Salah satu cara agar suasana hati menjadi lebih baik adalah dengan self talk. Self talk merupakan dialog internal dengan diri kita sendiri, hal tersebut biasanya dipengaruji alam bawah sadar, ungkapan pikiran, dan ide dari dari diri sendiri. Self talk sendiri ada 2 macam, yaitu self talk positif dan negatif. Jika positif pasti akan mengarahkan yang baik dan negatif sudah pasti kebalikan dari positif. 

Positive self talk tidak begitu saja muncul dan menjadi rutinitas sehari-hari. Kebiasaan tersebut harus dilakukan dengan konsisten dan selalu dilatih, khusunya untuk kita yang cenderung memikirkan hal-hal negatif terhadap diri sendiri, atau sering menyalahkan diri sendiri. Untuk melatih kebiasaan positive self talk, kita harus menyadari pikiran negatif yang ada di dalam diri sendiri, dan jangan beranggapan bahwa kita paling benar. Cobalan untuk mulai memperhatikan pikiran yang muncul dari waktu ke waktu. 

Usahakan untuk berkomitmen dalam menciptakan self talk yang membangun, sebagai contoh selalu pikirkan bahwa segala sesatu terjadi pasti ada alasannya jangan lupakan Allah bahwa Allah memberikan semua ini pasti juga ada hikmahnya. 

Terapkan kata-kata positif penyemangat dalam pikiranmu contohnya aku bisa, semua akan baik-baik saja, badai pasti berlalu, akan ada hal baik setelah ini, dan kata-kata penyemangat lainnya. 

Jika kamu sudah bisa menerapkan Positive  Self Talk yang baik maka kamu bisa mengatur suasana hatimu dengan baik pula. Kamu adalah apa yang kamu pikirkan jadi tetep positif thinking dan selalu Positif Self Talk guys. :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan