Mohon tunggu...
Helena Rosari
Helena Rosari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Orang biasa

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Pakai Batik untuk OOTD? Keren Banget lah!

18 November 2020   19:21 Diperbarui: 18 November 2020   21:21 33 2 1 Mohon Tunggu...

Apa yang akan kalian pikirkan pertama kali jika diajak pergi ke suatu tempat atau menghadiri sebuah acara? Kebanyakan orang pasti akan memikirkan mereka mau mengenakan baju apa, dan sibuk memadu padankan antara pakaian dengan riasan yang akan mereka kenakan. Yah, itulah pentingnya fashion pada zaman sekarang. 

Pada era globalisasi yang sangat terbuka dengan berbagai macam informasi, para kaum milenial jadi banyak mendapatkan pengetahuan baru dari berbagai negara, tidak terkecuali tentang fashion, bahkan bagi hampir sebagian besar para remaja, fashion adalah hal yang penting tidak terkecuali bagi perempuan maupun laki-laki. 

Banyaknya pilihan genre fashion sekarang ini yang membuat para kaum remaja banyak mengkreasikan cara berpakaian mereka, mulai dari vintage, artsy, bohemian, casual, grunge dan masih banyak lainya. Namun ditengah banyaknya genre fashion ini, banyak yang melupakan Batik sebagai corak budaya asli Indonesia yang patut dibanggakan, namun terkadang banyak kaum muda yang masih merasa bahwa Batik masih dianggap kuno dan ketinggalan zaman.

Sebagai kaum muda yang akan meneruskan bangsa Indonesia ini, seharusnya kita yang melestarikan dan menjaga budaya kita agar tetap ada. 

Mungkin salah satu alasan mengapa Batik masih dianggap kuno untuk fashion anak muda karena model baju yang monoton, kebanyakan yang kita ketahui pakaian model Batik hanya berupa kemeja, daster, dan juga dress wanita yang umum, namun sekarang sudah banyak para kaum milenial yang mulai merancang Batik dengan desain yang menarik dan sangat fashionable sehingga para kaum muda sekarang mulai tertarik akan pakaian Batik. 

Bahkan para desainer terkenal salah satunya  seperti Oscar Lawalata yang berhasil membawa Batik ke luar negri dengan mengadakan pameran Batik di markas UNESCO Paris, dan juga ada Lia Afif desainer busana muslim yang memperkenalkan Batik pada acara Paris Fashion Week pada tahun 2018, hal ini membuktikan walaupun Batik adalah warisan budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Namun tetap bisa mengikuti arusnya zaman dan mampu bertahan bahkan mampu bersaing dengan desain baju modern lainya hingga saat ini. Ditangan kreatif para desainer Indonesia, Batik juga disulap menjadi baju yang sangat elegan bahkan bisa dibandrol hingga harga  jutaan rupiah. 

Batik yang dikreasikan dengan berbagai macam model yang modern bisa berupa blouse, gaun, sabrina, rok, kemeja, bahkan celana sekaligus, harga Batik juga dipengaruhi oleh cara pembuatanya, biasanya Batik tulis yang dibuat secara manual bisa mencapai harga yang lumayan mahal karena proses pembuatanya yang cukup rumit dan memakan waktu yang lama. 

Batik sendiri adalah budaya yang sangat unik, Batik memiliki beragam corak yang berbeda di setiap daerahnya, contohnya adalah Batik Parang dari Solo, Batik Megamendung dari Jawa Barat, Batik Lasem dari Rembang dan masih banyak lagi. 

Tentunya dibalik corak yang beragam ini, ada makna yang tersimpan dibalik corak yang dimiliki pada Batik, salah satu contohnya seperti Batik Parang yang berarti untuk tidak akan menyerah dalam mengadapi tantangan dalam kehidupan, dan ada juga Batik Sidomukti yang memiliki makna agar hidup selalu sejahtera dan damai.

Sekarang ini Batik sendiri sudah dilirik oleh pasar Internasional, sudah banyak kain Batik yang diekspor keluar negri, bahkan sudah banyak pameran Fashion Show bertaraf Internasional yang menampilkan Batik menjadi busananya, hal ini menandakan bahwa Batik memang benar benar diakui oleh dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x