Mohon tunggu...
Hasan A. Drihim
Hasan A. Drihim Mohon Tunggu... Freelancer - menulis karena hobi, lalu Berfikir, Mendalami dan Menjiwai...

Pribadi yang terus belajar menuju kesempurnaan hidup... Berfikir, Mendalami dan Menjiwai...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Salafy, Syi'ah, Celaan dan Saya.. (Pengalaman Pribadi)

11 November 2015   10:11 Diperbarui: 11 November 2015   12:57 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bismillahirrahmanirrahim,

allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin ‘adada maa fii ‘ilmillaahi shalaatan da-imatan bidawami mulkillaah, amma ba'du..

Akhir-akhir ini di facebook kayaknya lagi booming banget ya soal syiah-sunni.. Kayaknya nggak sreg kalo nggak ikut komentar (saya kan kepo-an orangnya hehehehe..). Karena booming syiah-sunni ini bagi seorang berjenggot dan berjidat hitam seperti saya seakan akan nggak keren kalo nggak mencela temen-temen syiah.. dan sebagai seorang yang rajin tawassulan dan tabbarruk-an kayaknya nggak keren kalo nggak mencela temen-temen salafi dengan sebutan wahabi takfiri. Intinya yang lagi musim di zaman edan ini adalah nggak keren kalo nggak mencela..

Saudaraku yang di muliakan Allah.. kebiasaan mencela, menjelekkan, menghina orang lain dan mengolok-olok bukanlah perilaku seorang mukmin, sekali lagi yah.. BUKAN AKHLAK SEORANG MUKMIN..!!! Mau gelarnya ustadz,syech, kyai, habib, atau apapun itu tetap saja perilaku mencela bukanlah akhlak seseorang yang mengaku Allah Tuhannya dan Muhammad nabinya.. mungkin dia muslim tapi bukan mukmin.. Mau tau alasannya? Perilaku mencela adalah akhlak orang-orang jahiliyah dan orang-orang yang terbelakang.. nich ayatnya biar pada sadar..

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, karena boleh jadi mereka (yang diolok-olokan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok). Dan janganlah pula perempuan mengolok-olok perempuan yang lain, karena boleh jadi perempuan (yang diolok-olokan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Dan janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan jangan memanggil dengan gelaran yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim.” (Qs. Al hujurat:11)

Tuh kan... nggak boleh ngehina, kalo emang nggak suka monggo di doakan.. Siapa tau emang kita yang bener dan mereka salah, kalo ini yang terjadi dan doa kita diijabah maka kita dapet pahala.. kalo ternyata kita yang salah dan mereka yang bener , kita nggak malu dan nggak nambah musuh.. Udah malu nambah musuh lagi betapa kacaunya hidup kita.. udah pusing mikirin utang eh tambah lagi mikirin musuh.. haedeeeuhh..

Nah kembali ke pokok bahasan, tentang syiah.. Saya udah sempet kenalan kelompok ini pas saya SMA di situbondo.. di sana saya diajak temen saya ikut tarekat xxx, pas saya dateng kok kayaknya ada yang aneh deh.. lebai banget emang.. ceramahnya tu agak-agak gimana gitu, mungkin karena saya waktu itu masih sma yah.. jadi pemikirannya juga agak penuh pertanyaan dan pemberontakan.. Apalagi saya waktu itu lagi gencar-gencarnya baca IHYA sama Al Hikam.. Serasa aneh ajah seakan-akan mereka terlalu menyanjung keturunan Rosul.. (stop dulu..) Bukan saya nggak mau menyanjung keturunan beliau, saya sich setuju ajah menyanjung mereka.. karena memang perbuatannya sangat baik, hanya saja nggak juga begitu lebai lah...

Pas saya diskusi dengan mereka tentang beberapa hadits imam muslim, eh mereka nggak setuju.. terus malah nantang mubahalah, bilang saya wahabi lah dll lah.. padahal demi Allah saya bukan wahabi, saya cuma anak sma yang lagi belajar dan lagi sok-sokan nunjukin kitab.. hehehehe.. ya nggak tak ladenin lah mubahallahnya, bukan karena nggak berani tapi lebih ke menjaga silaturahmi. .akhirnya saya bilang gini ajah.. yawdah nggak pa-pa mas nggak setuju, tapi cenyum dooonk.. pisss kita kan preeen.. dan akhirnya dia bilang dia lebih ke syiah.. Okeh no problemo.. dan kita tetap berteman sampe akhirnya dia lulus.. saya juga tetep sering maen ke tempat tarekatnya.. Dengerin ceramahnya, salim sama gurunya.. yang baik saya serap yang jelek saya buang..

Lanjut ke perkenalan saya sama temen-temen salafy, Saya pertama kali tau salafy juga pas lagi SMA, ada guru saya yang salafi banget.. Dikit-dikit bid'ah dikit dikit bid'ah.. saya deket juga ama Pak ini, sempet juga mau dikenalin sama anak nya ihiy.. asek-asek josss... Tapi nggak lah.. saya kan jomblo keren.. nah pas saya kuliah di jogja saya kenalannya lebih intens dengan temen-temen salafy.. Ikut pengajiannya, kajian, dan lain-lain.. Rasanya kok gini amat yah.. seakan-akan mereka bilang semua amalan saya bid'ah dan saya pantes masuk neraka.. hueheheheh.. saya sich asik asik ajah di bilang bakal masuk neraka, Btw di neraka banyak artisnya kan ya.. hueheheh..

Nah suatu ketika saya lagi iseng pengen diskusi, akhirnya ustadnya tak ajak diskusi.. tak bawain kitab hadits muslim plus tafsirannya.. kita diskusi deh disitu.. eh ternyata kelakuannya sama kayak temen saya yang syiah tadi.. dia hanya mau nerima pendapat ulama yang menurut dia bener.. sampe saya di maki-maki.. huehehehe.. saya senyum-senyum ajah, terus saya bilang.. okeh ustad.. no problemo.. ustad yang bener deh.. maap yah udah ganggu dan bikin harinya nggak menyenangkan.. akhirnya saya tetep temenan sama ustad itu, tetep ikut kajiannya, tetep salim kalo ketemu.. tetep maen ama anak-anak mesjid situ.. yang baik tak ambil, yang buruk tak buang..

Nah akhirnya saya sekarang bisa ngambil kesimpulan, bahwa sebenernya sama ajah kok.. cuma kadang kedua kelompok ini agak berlebihan di beberapa hal.. yang sebenernya nggak juga harus lebai menanggapinya.. Santai ajah, orang santai disayang TUHAN.. Nah kalo temen-temen yang baca bertanya saya ini orang syiah apa salafy... Apa orang ahlus sunnah? Saya jawab dengan tegas.. Saya ini ummat muhammad SAW, itu ajah.. Nggak kurang, nggak lebih..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun