Mohon tunggu...
Hastiya
Hastiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Seorang mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

About Data Mining: Ringkasan Materi Kelas Kuliah Data Mining oleh Hastiya

21 September 2022   22:45 Diperbarui: 21 September 2022   22:48 39 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang data mining yang saya pelajari pekan lalu dikelas kuliah data mining. 

Sebelum itu kita perlu mengetahui tentang apa sih itu data mining?

Secara sederhana, data mining dikatakan juga sebagai penggalian data. Penggalian data yang mengekstraksi suatu pola yang digunakan untuk menarik data dalam jumlah besar. 

Kemudian selanjutnya setelah mengetahui pengertian data mining, muncul pertanyaan kenapa sih data mining itu di perlukan?

Jadi, data mining diperlukan karena dengan adanya sejumlah data yang besar maka akan dapat digunakan untuk menghasilkan informasi-informasi dan knowledge (pengetahuan) yang berguna. Dimana informasi dan pengetahuan tersebut akan digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan seorang manager. Nah informasi dan knowledge tersebut dapat digunakan dibanyak bidang pekerjaan, mulai dari manajemen bisnis, kontrol produksi, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Dalam data mining, untuk melakukan proses penambangan dan penggalian data tentu terdapat metode dan tahapan-tahapan yang diperlukan.

Metode data mining

Metode dapat diartikan sebagai cara-cara yang diterapkan atau dilakukan yang berkesesuaian dengan tujuan awalnya. Metode data mining diketahui terbagi dalam beberapa cara atau teknik:

1. Classification (Klasifikasi)

Klasifikasi ini merupakan metode yang paling umum dan paling sering digunakan. Klasifikasi merupakan pengelompokkann untuk mengelompokkan data dengan menggunakan class label atau label prediction. Klasifikasi dilakukan dengan melakukan pengelompokkan berdasarkan kesamaan karakteristik suatu data pada suatu Class atau kelompok.

2. Clustering

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan