Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Soto Boyolali, Soto Bening Nan Nikmat

12 September 2019   02:30 Diperbarui: 12 September 2019   02:43 0 5 2 Mohon Tunggu...
Soto Boyolali, Soto Bening Nan Nikmat
Sumber gambar : dok pribadi

Aku termasuk penggemar soto. Hampir semua soto suka, kecuali soto Pekalonganyang kuahnya pakai tauco. Rasa taucolah yang aku kurang suka. Waktu ke Tegal, diajak makan siang di rumah makan yang menyediakan soto Boyololi. 

Sotonya bening rasanya seger dan nikmat. Memang sotonya kuahnya bening dan seger dan berisi daging, toge, bawang merah goreng,kentang goreng dan nasi. Juga bisa memesan porsi normal atau porsi kecil. 

Waktu ke sana kurang tahu makanya dibuatkan yang porsi kecil dan ternyata belum kenyang. Dan dilengkapi dengan telur puyuh,sate kikil dan gorengan.

Kalau kita lihat memang kuliner soto ini tersebar di seluruh nusantara dengan isi , bumbu yang berbeda setiap daerahnya.Tergantung kearifan loal yang ada di suatu daerah. Kuahnya beraneka ragam. Ada yang bening, ada yang bersantan dan ada yang bertauco.

Tapi kebanyakan ada benang merahnya antara satu soto dengan soto yang lain. Apa itu? Warna cenderung kuning pada kuahnya. Menurut cerita soto ini adalah makanan yang berasal dari negara Cina dengan nama cau do yang mempunyai arti jeroan berempah. 

Jadi dulunya lebih banyak isinya adalah jeroan dibanding daging seperti sekarang. Karena pengucapan cau do sulit sehingga berubah menjadi soto. Soto mulainya di Semarang yang kemudian menyebar ke wilayah pesisir pulau Jawa. 

Bisa dilihat wilayah pesisir kuliner sotonya bervariasi mulai dari soto Betawi, soto Cirebon, yang masih mirip pakai jeroan. Begitu juga soto Lamongan dan soto Madura. Makanan ini lebih banyak dinikmati masarakat biasa.

Nah , apa keisitimewaan soto Boyolali ini?  Bahan bumbu yang digunakan bawang putihnya dari jenis yang lain yaitu bawang khating. Khating banyak dijual di pasar tradisional maupun yang modern. 

Dan soto seger ini ada yang berisi daging yang dikenal dengan soto daging dan ada yang isinya ayam dikenal dengan soto ayam. Selain itu ada manfaat gizi soto Boyolali ini yaitu mencegah anemia. 

Hal ini karena serat yang ada dalam daging dalam bentuk has mudah diserap oleh tubuh sehingga banyak kandunagn zat besi yang dibutuhkan manusia.

Mau membuat soto Boyolai sederhana?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x