Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Founder PKPS di Indonesia | Founder Firma AH dan Partner | Jakarta | Pendiri Yayasan Kelola Sampah Indonesia - YAKSINDO | Surabaya. http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Usul Peningkatan Kesejahteraan Driver Ojol

2 September 2022   01:11 Diperbarui: 2 September 2022   01:25 218 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Ilustrasi: Kompas

Tentu kita semua pasti sudah familiar dengan ojek online atau ojol. Ojek hadir di Indonesia sebelum ada Gojek, Grab dan lainnya, dulu ada driver ojek masa-masa pemesanan dengan menggunakan SMS dan telepon biasa, bahkan ada melalui pager di 1981-1987 saat penulis masih mahasiswa di Makassar.

Pertanyaan untuk pemerintah atau pemda, Apakah sudah menarik promosi bergerak atas kegiatan ojol dengan melengketkan nama perusahaan di badan mitra driver dan kendaraan ojol?

Pertanyaan untuk perusahaan Ojol, sebagai pengusaha yang menikmati hasil iklan atas aktivitas lalu-lalang mitra driver Anda?, Apakah sudah membagi keuntungan iklan yang didapatkan dari keterlibatan mitra driver ojol? Baik sumber Iklan dari pemasangan yang statis di aplikasi online maupun pemasangan iklan yang bergerak, baju helm dan kendaraan?

Kepada perusahaan Ojol agar memikirkan kelangsungan berkah usahanya dengan meningkatkan kesejahteraan para mitra driver, berdasarkan daripada hasil iklan yang penulis maksud diatas, untuk mempertimbangkan sebagai berikut:

Pertama: Memberikan konpensasi hasil dari pada iklan bergerak yang melengket di badan dan kendaraan para driver ojol. Posisi driver bukan posisi sebagai karyawan, tapi sama posisi sebagai pemilik perusahaan, mereka punya kendaraan sendiri (perangkat keras), perusahaan memiliki perangkat lunaknya, menjadi pertimbangan utama.

Kedua: Berikan presentase hasil iklan online yang terpasang di aplikasi perusahaan ojol, berapa banyak hasil perusahaan dimana aplikasi perusahaan ojol bagian dari media penempatan iklan.

Ketiga: Memasukkan para driver ojol sebagai pemilik perusahaan, berikan saham (5-10 persen) kepada mitra driver secara akumulasi dengan perhitungan tertentu, agar meningkatkan rasa memiliki atau Sense of belonging.

Keempat: Mendirikan koperasi multy pihak antara anggota manajemen perusahaan ojol dan mitra drivernya, serta usaha-usaha atau aktifitas sekaitan dengan usaha ojol tersebut. Satu kesatuan gotong royong dalam bisnis terkait.

Kelima: Berikan bantuan kepada mitra driver ojol atas kerusakan kendaran, dengan perhitungan tertentu pada batas kewajaran yang rusak, serta beri subsidi atas pergantian kendaraan baru.

Keenam: Jaminan asuransi mitra driver dan keluarganya serta bea siswa untuk mitra driver serta istri/suami dan anak-anaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan