Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Founder PKPS di Indonesia | Founder Firma AH dan Partner | Jakarta | Pendiri Yayasan Kelola Sampah Indonesia - YAKSINDO | Surabaya. http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Minimalis Koleksi Buku dalam Memotivasi Gemar Membaca

10 Juli 2022   21:02 Diperbarui: 10 Juli 2022   21:19 124 25 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: Minimalis Koleksi Buku. Sumber: DokPri.

"Makan dan minumlah kamu dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan" Al-Qura'an Surat Al-Araf ayat 31.

Konsep kehidupan minimalis sangat personal dan relatif bagi setiap individu, mereka yang mengejar gaya hidup minimalis memiliki ide dan kebutuhan yang berbeda, sehingga memiliki kegunaan dan nilai kemanfaatan dalam hidup kehidupan yang berbeda pula pada setiap orang.

Kehidupan minimalis seperti memilih tempat tinggal di rumah minimalis, perabot, gadget, sampai kepada aplikasi internet dan lainnya. Akan mengajari diri dan disekitar kita - panutan - agar memahami hidup dan kehidupan.

Merupakan tindakan mengurangi jumlah barang dan jenis harta kepemilikan akan meningkatkan motivasi kemandirian untuk mendorong rasa peduli sesama hamba Tuhan Ymk. Bahwa barang-barang yang ada hanya merupakan titipan-Nya.

Konsep hidup minimalis sangat bagus, sebagai gaya hidup yang efektif dan efisien yang diamanatkan oleh agama. Setiap manusia bisa berbeda cara, walau substansinya - makna - bisa saja sama.

Konsep Minimalis = Sedekah

Sedikit berbagi terhadap konsep hidup minimalis dalam perspektif sedekah buku, sekaligus akan mengurangi beban pemeliharaan buku di pustaka pribadi daripada disimpan berlama-lama.

Konsep minimalis buku, penulis tidak memilih gaya hidup menyimpan buku terlalu lama di rak pustaka pribadi, setidaknya ikut serta bisa memotivasi masyarakat agar gemar membaca.

Koleksi buku bacaan pribadi dalam tahun berjalan, pada bulan desember-januari penulis mengirimkan koleksi buku tersebut kepada pustaka desa, panti, masjid atau siapa saja sekiranya yang membutuhkan.

Konsep minimalis buku ini, penulis jadikan sebagai sebuah pemicu dan strategi dalam mendorong aparat desa ataupun komunitas dan ruang publik lainnya untuk membangun pustaka ditempatnya masing, membangun pojok-pojok baca di ruang publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan