Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Optimalisasi Bank Sampah di Kawasan Gunung Bromo, Sudah Sejauh Mana?

13 Desember 2019   22:30 Diperbarui: 22 Desember 2019   10:59 167 5 1 Mohon Tunggu...
Optimalisasi Bank Sampah di Kawasan Gunung Bromo, Sudah Sejauh Mana?
Ilustrasi: Sampah Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur (13/12). Sumber: Dokpri

Green Indonesia Foundation (GiF) melakukan kunjungan ke Gunung Bromo Midnight Tour tanggal 12-13 Desember 2019. Berangkat dari Surabaya tanggal 12 Desember 2019 pukul 23.30 WIB dengan melewati Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo.

Dengan waktu tempuh sekitar 3 jam menelusuri jalan sempit dan pendakian sampai mencapai puncak Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur.

Pada kunjungan GiF ke Gunung Bromo tersebut untuk survei sampah destinasi wisata dan sekaligus berbagi solusi sampah di Taman Nasional Bromo Indonesia.

Di sana juga sekalian menyaksikan matahari terbit (sunrise) pada pagi hari yang cerah,  walau suasana sangat dingin tanpa persiapan pakaian yang memadai.

Sedikit info bahwa Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terkenal dengan kaldera atau lautan pasir dan kawah yang eksotis, serta pemandangan matahari terbit (Bromo Sunrise Tour) yang sangat indah di pagi buta bagi penikmat sunrise.

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur dan Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Sebagai sebuah objek wisata, Gunung Bromo yang tegak berdiri di tengah lautan pasir menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Kawasan Wisata Bromo terletak pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, dan diapit oleh empat kabupaten bagian dari pemerintahan Propinsi Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. 

Untuk mencapai Gunung Bromo,  kendaraan pribadi tidak diizinkan dan di sana disiapkan atau dipersewakan kendaraan Jeep dan Motor.

Ilustrasi: TPS dengan latar Gunung Bromo (13/12). Sumber: Dokpri
Ilustrasi: TPS dengan latar Gunung Bromo (13/12). Sumber: Dokpri
Bank Sampah Kawasan Gunung Bromo

Sampah Gunung Bromo perlu penanganan khusus dan serius agar tidak mengotori destinasi wisata Gunung Bromo, utamanya di sekitar area parkir. 

Kebetulan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) Gunung Bromo dari Pintu arah Kabupaten Probolinggo ditempatkan sekitar area parkir dan kuliner dan juga di belakang kantor pengelola kawasan. Paling berbahaya karena timbulan sampah tepat berada di atas perumahan penduduk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN