Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Inisiator PKPS di Indonesia | Founder Firma AH dan Partner | Jakarta | Pendiri Yayasan Kelola Sampah Indonesia - YAKSINDO | Surabaya. http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

OOTD Sahabat Sampah, Tampil dengan Rompi dan Helm

24 Mei 2019   23:45 Diperbarui: 24 Mei 2019   23:50 65 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
OOTD Sahabat Sampah, Tampil dengan Rompi dan Helm
Ilustrasi: Penulis bersama sahabat pengelola sampah dengan Style Rompi dan Helm. Sumber: Pribadi

Dalam bulan Ramadan pun tetap aktif dalam berbagai kegiatan menginisiasi pengolahan sampah di berbagai daerah di Indonesia. Tidak ada perubahan waktu yang signifikan, karena pengaruh berpuasa.

Outfit of The Day (OOTD) yang digunakan dalam kegiatan kali ini ke berbagai daerah di Sulawesi Selatan baik kala menghadiri presentase dan survey sampah sedikit berbeda bersama teman-teman sembari ngabuburit.

Ada perbedaan style saat ini adalah dengan berpakaian Rompi dan Helm Proyek, biar sedikit trendi dan menjaga terik panas matahari. Style seperti pekerja proyek atau industri lainnya yang beresiko atas keamanan dan kesehatan.

Seru dan asyik juga style atau pakaian rompi dalam peninjauan lokasi timbulan sampah di areal Kawasan Bantaeng Industrial Estate di Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Ilustrasi: Penulis dengan Style Rompi dan Helm. Sumber: Pribadi
Ilustrasi: Penulis dengan Style Rompi dan Helm. Sumber: Pribadi
Pilihan pakaian warna orange atau rompi orange, yang identik dengan petugas kebersihan di Provinsi DKI Jakarta yang sehari-hari membersihkan wilayah ibu kota Republik Indonesia di Jakarta. Pastinya bukanlah rompi orange Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemilihan rompi orange juga menjadi peringatan keras pada oknum yang dengan sengaja mempermainkan urusan pengelolaan daba-dana sampah, agar tidak berhubungan dengan KPK alias berhentilah menyalahgunakan dana-dana persampahan.

Ditinjau dari fungsi pakaian rompi, baju rompi proyek setidaknya dibagi menjadi 2 macam yaitu baju rompi safety atau keamanan dan baju rompi biasa. 

Memang fungsi utamanya sama yaitu sama-sama untuk melindungi diri saat bekerja namun yang membedakan adalah prioritas pelindungannya. 

Baju proyek safety merupakan pakaian keselamatan yang dirancang dengan khusus. Sementara rompi biasa lebih sekedar style saja.

Ilustrasi: Penulis Style Rompi dan Helm. Sumber: Pribadi
Ilustrasi: Penulis Style Rompi dan Helm. Sumber: Pribadi
sementara pilihan putih warna helm keselamatan pun karena identik dengan kebersihan.  Memudahkan agar lebih mudah terlihat saat berada di area. 

Secara resmi helm keselamatan pertama dikembangkan tahun 1912 di Worker's Accident Insurance Institute Kerajaan Bohemia. Pilihan warna mencolok untuk helm untuk memudahkan penandaan saja kepada pekerja.

Style rompi dan helm tersebut tetap digunakan saat dalam pekerjaan dan sekaligus juga tidak mengganggu pada saat presentase pekerjaan di dalam ruang, termasuk pula kemarin dalam tour pengelolaan sampah sekaligus ngabuburit dan berbuka puasa bersama para sahabat pengelola sampah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x