Mohon tunggu...
Hasniar
Hasniar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Follow your Dream ✍🏻

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menjadi Konten Kreator di Media sosial Instagram

9 Juni 2021   20:15 Diperbarui: 10 Juli 2021   07:55 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo pembaca setia kompasiana, kali ini Saya akan berbagi Pengalaman pribadi terkait bagaimana saya menjadi seorang konten kreator  (Content Creator) di salah Satu Media sosial yaitu Instagram dan apa saja sih Potensi membuat sebuah Konten di instagram.

Namun sebelum-Nya kita harus tau dulu nih apa sih itu Media sosial dan Konten kreator?

Dikutip dari Wikipedia, Media sosial atau yang (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"

Adapun pengertian dari Konten Kreator (Content Creator) adalah orang yang membuat suatu konten, yang nantinya konten tersebut akan dibagikan ke berbagai media sosial terkenal, seperti Instagram, YouTube, Facebook atau media lainnya.

Sementara Hubspot menempatkan content creator sebagai pihak yang memproduksi material bersifat menghibur maupun edukatif untuk menarik minat audiens. Media para kreator ini berkreasi bisa berupa blog, gambar, infografis, video, audio, hingga update media sosial.

Beberapa tahun belakangan ini, konten tak lagi sekedar berfungsi mengisi media sosial, web, atau blog semata. Konten telah menjadi begitu luas dalam hal pemaknaan dan penggunaan-Nya.

Konten yang Viral dan Tersebar luas di media sosial bukan hanya sebuah keberuntungan, namun, bagaimana sang Kreator mampu menyusun sedemikian rupa strategi pembuatan konten secara teratur dan konsisten. Lalu bagaimana saya bisa menjadi seorang Konten Kreator di media Sosial Instagram? Simak penjelasan berikut!

Awal mula pada tahun 2020, tepatnya bulan Mei Setelah Covid-19 masuk di Indonesia, Saya memutuskan untuk membuat sebuah konten Vidio Pendek berdurasi kurang lebih satu menit lalu mengunggahnya di media sosial Instagram.

Menjadi pembuat konten saat itu bukan tanpa alasan yang jelas, namun karena saya mendapat sebuat dorongan dan inspirasi dari salah satu postingan akun instagram yang tidak pernah menggunakan nama ataupun memperlihatkan diri dia atau bisa dikatakan akun ini menggunakan Nama samaran dan tidak ingin dikenal oleh orang lain, seseorang yang hanya ingin berbagi sebuah Vidio pendek yang dapat membangun Inspirasi dan semangat bagi orang yang melihat-Nya. Meskipun sebenarnya tidak sedikit pembuat konten yang seperti diatas.

konten yang saya buat berupa inspirasi yang biasa di sebut sebagai “Quotes of the day”.  yang saya kemas sedemikian rupa kedalam bentuk Vidio pendek, sehingga menjadi konten yang lebih menarik. Meskipun hal ini (Membuat Konten) tidak berlangsung dengan lama, saya merasa senang bahwa apa yang telah saya buat dan bagikan di Instagram bisa menjadi inspirasi bagi orang lain yang melihat video tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun