Bisnis Pilihan

6 Tips Membuka Restoran Vegan

8 Agustus 2018   12:05 Diperbarui: 8 Agustus 2018   12:14 422 0 0
6 Tips Membuka Restoran Vegan
Sumber: Pexels

Sejak beberapa tahun belakangan ini, gaya hidup sehat mulai bergaung. Hasilnya, banyak restoran-restoran yang mengklaim bahwa mereka menjual makanan sehat. Tak sedikit pula pengusaha yang akhirnya membuka restoran vegan. Hal ini tentunya membuat para pecinta hidup sehat senang. 

Seiring dengan berkembangnya pola pikir masyarakat, restoran vegan diramalkan akan menjadi salah satu jenis restoran yang paling banyak dicari. Jadi tak heran bisnis ini akan menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dimasa yang akan datang, bahkan sejak saat ini. Jika Anda tertarik untuk membukanya, berikut ini 6 tips membuka restoran vegan.

Pelajari apa itu vegan

Banyak orang yang masih salah kaprah tentang vegetarian dan vegan. Seorang vegan tidak hanya mengonsumsi produk hewani, tapi mereka juga biasanya seorang aktivis lingkungan. 

Mereka tidak akan menggunakan plastik atau setidaknya meminimalisir penggunaan plastik dan tidak akan pernah menggunakan jas atau sepatu kulit. 

Jadi, berhati-hatilah saat Anda ingin membuka restoran vegan. Sebab menjadi seorang vegan bukan hanya tentang memakan makanan berbahan nabati, tapi juga bagaimana kepedulian mereka dalam menjaga lingkungan. 

Bukan hanya berhati-hati dalam memilih bahan makanan, tapi Anda juga dituntut untuk berhati-hati dalam membangun restoran Anda. Perhatikan apakah Anda sudah menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan atau tidak.

Rekrut staf yang berpengalaman di restoran vegan

Merekrut staf yang berpengalaman dalam bidang restoran saja tidak cukup. Anda harus merekrut orang-orang yang pernah bekerja di restoran vegan. 

Sebab, staf biasa mungkin saja tidak bisa menjelaskan mengapa agave nectar tidak bisa diganti dengan madu. Terkadang, Anda juga sangat dianjurkan memiliki staf vegan atau vegetarian sehingga Anda tak perlu khawatir akan kesalahan yang mungkin terjadi. Jika memang tidak ada, pastikan Anda memberikan training mendalam agar para staf betul-betul mengerti.

Buat konsep dan menu yang menarik

Sama seperti restoran lain pada umumnya, sebagai pemilik restoran vegan Anda juga harus membuat konsep yang matang. Menu yang disajikan pun bisa bervariasi misalnya makanan khas di daerah tertentu. Jangan lupa untuk lebih kreatif menciptakan menu vegan! Banyak sekali menu kreatif yang dapat Anda buat dari bahan nabati. Misalnya, Anda bisa menciptakan burger dengan bahan dasar tempe atau keju yang berbahan dasar susu kacang almond, dan sebagainya.

Pilih lokasi yang tepat

Banyak orang mengatakan Anda tak perlu menjadi seorang vegan untuk menikmati makanan vegan. Orang-orang yang senang memiliki gaya hidup sehat akan senang mencicipi makanan vegan. Jadi, carilah lokasi dengan masyarakat yang senang dengan gaya hidup sehat. Misalnya, carilah lokasi restoran yang dekat dengan sanggar yoga atau pilates.

Ciptakan suasana yang menyenangkan

Banyak orang bisa membuat makanan vegan yang lezat di rumah. Salah satu alasan mengapa mereka pergi ke restoran adalah karena mereka ingin menikmati atmosfer yang berbeda. 

Sebelum membuka restoran vegan, pastikan Anda mendekorasi restoran dengan suasana yang menyenangkan. Sebagian besar restoran mendekornya dengan gaya minimalis. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, banyak pengusaha restoran meng-upgrade tampilan restoran mereka.

Jangan lupa menggunakan software

Sama seperti bisnis restoran lainnya, restoran vegan modern pun membutuhkan software. Penggunaan perangkat lunak sangat bermanfaat untuk kegiatan operasional sehari-hari mulai dari mempermudah manajemen dapur, reservasi pelanggan, integrasi dengan E-Menu, transaksi dengan mudah dan cepat hingga mengelola gaji dan jadwal karyawan. Terlebih, dengan menggunakan perangkat lunak, artinya restoran dapat mengurangi penggunaan kertas karena semuanya dilakukan dengan digital.