Mohon tunggu...
Hasbi maulana
Hasbi maulana Mohon Tunggu... Semangat

Masalah akan menjadi ringan apa bila ada usaha

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Analisis Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19

4 Agustus 2020   23:20 Diperbarui: 8 Agustus 2020   15:31 61 1 0 Mohon Tunggu...

ANALISISPEMBELAJARAN DITENGAHPANDEMICOVID--19

Oleh : Hasbi Maulana Ashidiqi dan Luvita Putri Cahyani

Saat ini kita ketahui bahwa bumi kita sedang tidak sehat karna negara kita dilanda sebuah virus yaitu Covid -- 19, pada pandemi ini tidak memungkinkan kita untuk mengadakan kegiatan yang berkerumun seperti seminar,sistem pembelajaran disekolah. 

Dan dulu sebelum adanya pandemi Covid -- 19 ini sistem pembelajaran dilakukan dengan bertatap muka, selain itu sistem belajar lapangan seperti praktik dilingkungan masyarakat. 

Setelah adanya pandemi ini sistem pembelajaran berganti menjadi belajar online dirumah (Daring),dalam sistem belajar online (Daring)ini menurut saya memang sulit, karna tidak efektif sistem belajarnya,tidak bisa bertatap muka langsung sehingga untuk memahami materi pun kesulitan dan juga untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka kita harus mempunyai cara atau teknik model pembelajaran online (Daring) tersebut agar para siswa menjadi nyaman dan tidak mengalami kesulitan kembali. 

Bahkan di tengah pandemi ini kita mengalami banyak kekurangan untuk sistem belajar online tersebut seperti tidak ada kuota internet, dan tidak semua diwilayah Indonesia termasuk Jawatimur wilayahnya mempunyai signal internet yang stabil dan memadai. 

Meskipun kita menggunakan sistem online dan tidak semua orang mempunyai media untuk mendukung sistem online tersebut, dan pada saat ini banyak sekali kasus -- kasus dari adanya sistem belajr online,seperti misalnya mahasiswa yang meninggal dunia dikarenakan dia rela memanjat atap rumah agar mendapat kan signal yang stabil dan sehingga dia pun terjatuh karna terperset.

Hal itu menjadi salah satu sebuah contoh dalam setiap wilayah bahwa tidak semuanya dapat mengakses internet secara mudah. Mutu pendidikan yang baik ,mutu merupakan produk yang sempurna, bernilai dan meningkatkan kewibawaan. 

Mutu dalam konteks pendidikan sangat penting, karena berkaitan dengan lembaga yang terdiri dari komponen peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan proses penyelenggaraan pendidikan. Secara umum kualitas atau mutu adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang diharapkan atau tersirat (Depdiknas,2002:7) dan beberapa para ahli mengemukakan pendapatnya untuk menguatkan Mutu Belajar yang baik bagi para yaitu pendapat dari Hoy Et Al,(2000), menjelaskan bahwa mutu pendidikan adalah hasil penilaian terhadap proses pendidikan dengan harapan yang tinggi untuk dicapai dari upaya pengembangan bakat -- bakat para pelanggan pendidikan melalui proses pendidikan. Oleh karna itu mutu pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam proses pendidikan. Perbaikanprosespendidikanmerupakansalahsatuupayauntukmencapaikeunggulan

dalam penyelenggaraan pendidikan. Pendapat lain juga dikemukakan oleh Margono (2002) yaitu mengemukakan bahwa Agar mutu pendidikan yang baik dapat dicapai, maka mutu tersebutharusdidukungolehsekolahyangbermutu.Sekolahyangbermutuadalah"Sekolah yangsecarakeseluruhandapatmemberikankepuasankepadapelanggan(masyarakat)''.

Dari hasil wawancara dari beberapa narasumber telah mendapat hasil kebanyakan berpendapat bahwa lebih efektif dan nyaman menggunakan sistem belajar disekolah, karna belajar di sekolah itu lebih efektif dan evisien karna lebih mudah memahami materi yang disampaikan selain itu ketika kurang memahami materi yang di berikan bisa bertanya langsung kepada guru yang yang bersangkutan, selain itu belajar disekolah pun tak hanya belajar di dalam kelas namun bisa menggunakan belajar sistem lapangan atau seperti belajar di laboratorim atau lainnya, dan mengapa kebnyakan tidak memilih sistem pembelajaran secara online karna internet yang tidak memadai, banyak kendala yang terjadi saat sistem belajar online berlangsung seperti mati lampu,signal tidak stabil,dll. Dan dalam sistem online itu tidak efektif dan kurang pemahaman materi yang disampaikan. Selain itu juga berdampak pada kecerdasan pada anak , entah bisa meningkatkan kecerdasan yang lebih baik atau bisa menurun juga dengan sistem pembelajaran daring ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN