Mohon tunggu...
KKN UM DESA REJOSARI 2019
KKN UM DESA REJOSARI 2019 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Meriah, Mahasiswa KKN UM Semarakkan Pasar Kuliner Asli Desa Rejosari

12 Juli 2019   21:56 Diperbarui: 12 Juli 2019   22:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
Meriah, Mahasiswa KKN UM Semarakkan Pasar Kuliner Asli Desa Rejosari
dok. pribadi

Pasar merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli dalam usaha memenuhi kebutuhan diri. Pasar memiliki banyak macam baik pasar hewan, sayuran bahkan pasar kuliner. Di desa Rejosari letaknya di kecamatan Glagah kabupaten Banyuwangi ada yang namanya pasar kuliner Kampoeng Porobungkil. Pasar ini menjual aneka jenis jajanan tradisional, olahan masyarakat setempat.

dok. pribadi
dok. pribadi
Pasar ini juga menjual aneka hasil bumi atau orang setempat menyebutnya Porobungkil adalah seperti kacang tanah, ubi, singkong, jantung dan hasil bumi lainnya. Dengan adanya demikian sebagai strategi Pendampingan di pasar kuliner Kampoeng Porobungkil mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang melaksanakan KKN di desa Rejosari. Berupaya untuk melakukan sosialisasi dan promosi produk baru yakni bola-bola coklat dari ubi atau warga setempat menyebutnya "Sabrang". Dan itu berupaya untuk menambah variasi dagangan para penjual di pasar porobungkil.

dok. pribadi
dok. pribadi
Selain itu mahasiswa melakukan kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut yakni dengan menyelenggarakan live musik dari artis ternama, penampilan seni tradisional dari warga setempat penampilan dari adik-adik desa Rejosari dan juga ada talk show tentang asal muasal terciptanya pasar kuliner Kampoeng Porobungkil.

dok. pribadi
dok. pribadi
Kegiatan ini mendapatkan antusias sangat meriah dari warga setempat. Dan mendapatkan dukungan dari kepala desa dan perangkat desa dengan diadakannya acara demikian. Banyak ucapan terima kasih di sampaikan oleh pihak pengurus pasar kuliner Kampoeng Porobungkil dan pihak perangkat desa Rejosari.