Mohon tunggu...
Haryono
Haryono Mohon Tunggu... Guru - Guru - Praktisi Pendidikan

Hobi saya traveling dan mengeksplor hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

12 Mei 2024   09:29 Diperbarui: 12 Mei 2024   09:45 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Refleksi Dwimingguan Calon Guru Penggerak

Modul 1.3 -- Visi Guru Penggerak

Assalamu'alaikum Wr. Wb,

Salam Bahagia Bapak/Ibu guru hebat

Saya Haryono, M.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 tahun 2024 dari SMP Paramount Palembang. Berikut ini saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Dwimingguan dari Modul 1.3 dengan menggunakan model 1 yakni 4F (Facts, Feelings, Findings, dan Future)

1. Facts (Fakta)


Modul 1.3 tentang visi guru penggerak, sesuai dengan jadwal Pendidikan Guru Penggerak, modul 1.3 ini di mulai pada tanggal 25 April 2024. Kegiatan saya mulai mengeksplorasi bahan pembelajaran modul 1.3 yang terdiri dari kerangka tahapan BAGJA dan kerangka Refleksi. Pada materi ekplorasi konsep saya mempelajari beberapa materi yang kemudian terdapat form diskusi di dalamnya yang mana saya membuat catatan pada blogspot di LMS serta memberi komentar untuk beberapa catatan yang di buat oleh rekan CGP yang lainnya. Pada tanggal 26 April saya memulai tugas refleksi mandiri pada bagian eksplorasi konsep, refleksi tersebut berisikan "Imajiku tentang murid di masa depan". Di sini saya membuat satu gambar/poster mengenai murid yang saya dambakan 5-10 tahun mendatang. Dan hasil gambarnya seperti ini.

Refleksi yang kedua adalah melengkapi kalimat rumpang berisi pertanyaan tentang visi guru serta murid dan sekolah impian. Dan refleksi yang ketiga adalah menyusun rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan masing-masing.

Kemudian pada tanggal 30 April 2024, saya dan teman-teman CGP kelas 10.73 BGP Sumsel mengikuti forum diskusi google meet dalam ruang kolaborasi membahas rancangan kegiatan yang tentang visi guru penggerak yang disepakati oleh kelompok. Gmeet tanggal 30 April dimulai dari pukul 15.30 sampai dengan 18.00 yang dibimbing langsung oleh Fasilitator kita yaitu Bapak Iman Santoso, M.Pd serta Pengajar Praktik Ibu Lydia Valecia, M.Pd, pada Gmeet tersebut kami focus membahas tentang ATAP (Aset Tantangan Aksi dan Pembelajaran) kemudian setelah itu kami merumuskan kalimat prakarsa perubahan. Berikut dokumentasi Gmeet Ruang Kolaborasi Modul 1.3 pada tanggal 30 April 2024 dan 2 Mei 2024:

dok. pri
dok. pri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun