Mohon tunggu...
Harwanda Setyaningrum
Harwanda Setyaningrum Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Taman Kanak-Kanak, senang menulis dan bercerita ^^

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenalkan Angka pada Anak dapat Menggunakan Media Kartu Angka Bentuk Geometri

2 Desember 2022   13:51 Diperbarui: 2 Desember 2022   14:01 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Segala tingkah laku anak dapat menarik perhatian orang dewasa, Dunia anak adalah dunia yang penuh canda dan kegembiraan. Menurut undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasukki pendidikan lebih lanjut (Depdiknas,2003)

Jika kita dapat memahami gaya belajar dan karakteristik anak, kita dapat dengan mudah mencipta dan menstimulasi perkembangan anak dengan pembelajaran dengan cara bermain yang sangat menyenangkan, orangtua pastinya mencari bagaimana cara mencipta suatu permainan dengan media dan bahan pembuatan yang mudah serta permainan tersebut dapat meningkatkan aspek perkembangan anak khususnya dalam hal kognitif mengenal Angka. Perkembangan satu anak dengan anak yang lain sangat berbeda-beda di TK B usia (5-6) ada anak yang sudah mampu mengenal angka 1-30 ada, 1-20, 1-15 dan ada anak yang masih mengalami kesulitan dalam mengenal angka 1-10. Anak taman kanak-kanak merupakan anak yang sedang berada dalam proses perkembangan, baik perkembangan fisik, intelektual, sosial emosional, dan bahasa. Setiap anak memiliki karakteristik sendiri dan perkembangan anak bersifat progresif sistematis dan berkesinambungan. (Nenny, 2014:1.37)

Untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak, kita perlu ketahui dulu pengertiang suatu bilangan, menurut Sudaryati (2006:1) bilangan adalah suatu objek matematika yang sifatnya abstrak dan termasuk kedalam unsur yang tidak didefinisikan (Underfined term) 

Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka adalah menggunakan Media Kartu Angka, Kartu Angka , kartu termasuk dalam jenis media visual yaitupada teknologi cetak, dan kartu termasuk dalam potongan dari kertas karton yang berisi tulisan kata-kata, angka atau beberapa jenis desain yang lain.

Keuntungan Kartu Angka Bentuk Geometri, menurut John D Latuheru (Suwarni, 2001 :38)

1. Melalui permainan kartu angka anak di didik dapat segera melihat materi yang akan dipelajari

2. Permainan kartu memungkinkan peserta untuk memecahkan masalah-masalah dalam belajar

3. Biaya untuk latihan-latihan dapat dikurangi dengan adanya permainan kartu

4. Permainan kartu memberikan pengalaman-pengalaman nyata dan dapat diulangi sebanyak yang dikehendaki

5. Permainan kartu dapat diguanakan hampir semua bidang pembelajaran

Nah dari pendapat tersebut dapat ditegaskan keuntungan dari media kartu angka adalah a) Pembelajaran akan lebih mudah dipahami karena dengan kartu tersebut materi akan mudah diulangi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, b) belajar lambang bilangan dengan dengan menggunakan kartu angka dan kartu bergambar, anak akan senang karena kartu dikemas dan disajikan dengan bentuk geometri bermacam-macam dan menarik, c)Karena bentuk kartu relatif kecil maka kartu dapat disimpan di tempaat manapun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun