Mohon tunggu...
Harry Dethan
Harry Dethan Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi.

Menulis untuk berbagi. Email: harrydethan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

1,5 Miliar Masker Tergenang di Laut Selama 2020, Ini Akibatnya!

18 Januari 2021   13:10 Diperbarui: 18 Januari 2021   13:17 1183 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
1,5 Miliar Masker Tergenang di Laut Selama 2020, Ini Akibatnya!
Gambar: The Telegraph

Sejak akhir tahun lalu, berbagai media masa memberitakan sebuah laporan terbaru dari lembaga konservasi OceansAsia. Dalam isi laporan itu disampaikan bahwa pada tahun 2020 kemarin, diperkirakan lebih dari 1,5 miliar masker berakhir di lautan.

Angka ini terbilang sangat luar biasa besar. Apalagi mengingat efek yang akan ditimbulkan dari masker yang dibuang secara sembarangan di laut.

Seperti yang diketahui, penggunaan masker secara global mulai dikampanyekan dan diwajibkan pada semua masyarakat ketika pandemi Covid-19 berlangsung. Cara tersebut merupakan salah satu upaya terbaik dalam mencegah penyebaran virus Corona. Dengan menutup mulut dan hidung menggunakan masker, maka pintu masuk Covid-19 ke dalam tubuh manusia akan tertutup.

Masalah yang Ditimbulkan

Kendati demikian, di saat pencegahan Covid-19 sedang berlangsung, masalah besar lain bisa saja terjadi. Masalah tersebut adalah masker bekas pakai yang dibuang secara sembarangan. Hal tersebut dapat mendatangkan efek negatif bagi manusia dan lingkungan.

Bagi manusia, masker bekas pakai termasuk dalam limbah bahan beracun berbahaya atau limbah B3. Hal itu membuatnya perlu diolah secara khusus. Jika tidak, limbah masker dapat berpotensi besar menjadi media penyebaran penyakit.

Bagi lingkungan, bahan-bahan pembuatan masker yang memakan waktu lama untuk terurai dapat membuat alam menjadi tercemar. Masker bedah sekali pakai terdiri dari komponen seperti kain non-woven dan karet pengait telinga yang elastis. Ada pula kawat kecil yang berada pada bagian tengah masker untuk menyesuaikan posisi masker pada hidung.

Bahan-bahan tersebut membutuhkan waktu 50 hingga ratusan tahun untuk dapat terurai oleh alam. Lebih lanjut, komponen dari banyaknya limbah masker juga dapat menghasilkan beribu-ribu ton polusi plastik berukurang sangat kecil yang akan mencemari lautan.

Polusi plastik tersebut dipastikan dapat mencemari dan mengancam keamanan dan kualitas makanan dari laut dan berefek pada kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Di sisi lain, limbah masker juga dapat berpengaruh buruk pada ekosistem laut, kualitas pariwisata, serta berkontribusi pada perubahan iklim.

Langkah Kecil Mengatasinya

Bagi kita yang membuang satu masker saja ke laut atau lingkungan, mungkin saja hal tersebut dianggap sangat sepele. Akan tetapi, data menunjukkan bahwa bermiliar-miliar orang bersama-sama melakukannya. Hal itu mengakibatkan jumlahnya menjadi sangat luar biasa banyaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x