Mohon tunggu...
Hariyanto Wijoyo
Hariyanto Wijoyo Mohon Tunggu...

insan yang mencoba menjadi hamba ALLAH yang mengejar ridho-NYA untuk menggapai jannah-NYA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Fenomena Alam Terdahsyat Saat Pelaksanaan Sholat Gerhana Matahari

25 Maret 2016   15:49 Diperbarui: 25 Maret 2016   15:52 0 0 0 Mohon Tunggu...

Gerhana Matahari Total yang disebut sebagai Fenomena Alam, dan terjadi hanya di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016 sudah lama berlalu. Namun ada satu peristiwa besar yang sepertinya luput dari perhatian, karena semua mata hanya fokus dan tertuju pada Gerhana Matahari Total. Adapun peristiwa itu nampak pada saat pelaksanaan Sholat Gerhana secara berjamaah, dan itu merupakan fenomena alam terdahsyat yang luarbiasa, yang pernah dibuat oleh manusia.
 

Sahabat-sahibit blogger se-dunia, pada tanggal 9 Maret 2016, sebagaimana disunnahkan oleh Rasulullah SAW, untuk melaksanan sholat bila melihat gerhana, maka ummat muslim yang ada di Indonesia melakukan sholat sunnah gerhana, khususnya yang dilalui oleh Gerhana Matahari,

Maka terjadilah fenomena alam luarbiasa pada saat itu, ketika masjid menjadi penuh sesak oleh ummat muslim yang hendak melaksanakan sholat sunnah gerhana secara berjamaah. Fenomena ini bukan hanya terjadi di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, tempat saya berdomisili saat ini. Namun, di kota-kota lain juga terjadi fenomena alam yang dahsyat luarbiasa ini.

Di masjid Agung Al Munawwarah, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, diperkirakan jamaah yang hadir berjumlah sekitar 2.000,- an orang. Di Masjid Raya Kota Makassar, dihadiri oleh ribuan jamaah. sementara di Masjid Al Ghazali - Kota Palembang dihadiri 5000-an jamaah. Entah di masjid lainnya, atau di masjid yang ada di kota-kota yang dilalui oleh gerhana matahari. Sungguh luarbiasa.

Akan tetapi, tahukah kalian, bahwa fenomena alam yang lebih dahsyat lagi, yang pernah dibuat oleh manusia, terutama oleh ummat muslim. Adalah ketika tiba waktunya untuk sholat lima waktu. Sholat Dhuhur, sholat Ashar, sholat Maghrib, sholat Isya dan sholat Subuh, kelima waktu sholat yang hukumnya adalah wajib.

Di kelima waktu sholat wajib tersebut, terlihatlah masjid yang sepi melompong, yang nampak hanyalah beberapa orang jamaah yang hendak melaksanakan sholat berjamaah, dan jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Inilah fenomena alam yang luarbiasa dahsyatnya, yang dilakukan oleh manusia, dan seringkali terlihat di zaman sekarang ini, KETIKA SHOLAT SUNNAH MENJADI LEBIH UTAMA DAN LEBIH PENTING DARIPADA SHOLAT WAJIB LIMA WAKTU.

 
Bagaimana dengan kalian sahabat-sahibit blogger se-dunia yang ber-agama Islam ???>#muhasabah hw25032016<

 
Tabe, salama' ki'

Keep Happy Blogging Always, Mari Ki' Di' :-)

 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x