Mohon tunggu...
Hanun Nabila
Hanun Nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro

Tim II KKN Universitas Diponegoro 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa UNDIP Bantu Program Vaksinasi di Semarang

1 Agustus 2021   19:03 Diperbarui: 2 Agustus 2021   20:23 157 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNDIP Bantu Program Vaksinasi di Semarang
Gambar 1. Mahasiswa KKN UNDIP membantu program vaksinasi Kelurahan Pudakpayung/dokpri

Semarang, Jawa Tengah (01/08/21) - Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi tidak memadamkan semangat pengabdian mahasiswa Universitas Diponegoro. Tim II KKN Universitas Diponegoro 2021 bekerjasama dengan Kelurahan Pudakpayung membantu program vaksinasi di Balai Kelurahan Pudakpayung, Semarang. Sebanyak 37 mahasiswa diterjunkan guna percepatan vaksinasi di masyarakat. Hal ini dilakukan agar penurunan angka kejadian COVID-19 segera tercapai.

Gambar 2. Mahasiswa Kedokteran membantu tenaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan tensi
Gambar 2. Mahasiswa Kedokteran membantu tenaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan tensi
Mahasiswa kedokteran dilibatkan untuk membantu tenaga kesehatan dalam memeriksa tensi serta memantau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), sedangkan mahasiswa lintas jurusan membantu pengurusan administrasi data VICTORI Semarang. Serangkaian program vaksinasi dilakukan secara tertib dan tetap menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan. 

Masyarakat yang belum memakai masker diimbau untuk memakai masker terlebih dahulu. Sejumlah warga terlihat antusias dalam mengikuti program vaksinasi yang telah berlangsung selama 1 minggu, dimulai dari tanggal 23 Juli 2021 - 30 Juli 2021. "Saya sangat terbantu dengan kegiatan vaksin ini sehingga saya tidak perlu jauh - jauh pergi ke rumah sakit lain," ujar Pak Budi, warga sekitar.

Gambar 3. Mahasiswa lintas jurusan membantu administrasi data VICTORI Semarang.
Gambar 3. Mahasiswa lintas jurusan membantu administrasi data VICTORI Semarang.
Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari lapisan pemerintah hingga masyarakat setempat. "Kita sangat berterima kasih sekali sama adek - adek dari KKN UNDIP yang telah membantu berjalannya program vaksinasi," ujar Pak Suparno selaku Babinsa Pudakpayung. 

"Kami menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa KKN karena sudah membantu semaksimal mungkin sehingga program vaksinasi dapat berjalan dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujar Bapak Ganefo selaku Lurah Pudakpayung. 

Setiap harinya, terdapat 500 warga yang mengikuti program vaksinasi. Dengan adanya program vaksinasi, diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari virus COVID-19 sehingga terbentuk herd immunity yang dapat menurunkan jumlah pasien COVID-19 di rumah sakit.

Selain vaksinasi, mahasiswa UNDIP juga melakukan sosialisasi mengenai Penerapan Perilaku 5M dan 3T dalam Rangka Pencegahan Penularan COVID-19 serta Aktivitas Fisik selama Pandemi. Sosialisasi dilakukan secara daring melalui Whatsapp. Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat senantiasa taat mengikuti protokol kesehatan serta menjalankan gaya hidup yang sehat di tengah pandemi.

Penulis: Hanun Nabila
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ana Silviana, S.H, M.Hum

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN