Mohon tunggu...
Hans Andre Martinus Supit
Hans Andre Martinus Supit Mohon Tunggu... Coach Financial Planner

Life long learner

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Covid-19 dan Investasi Saham

3 April 2020   08:59 Diperbarui: 3 April 2020   09:01 190 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Covid-19 dan Investasi Saham
Indeks Saham - sumber: investingsimple.com

Berinvestasi di pasar saham tidak diragukan lagi merupakan kegiatan yang menarik dan cara yang sangat menarik untuk mendapatkan hasil yang baik dalam hal profitabilitas, meskipun tanpa pengetahuan yang diperlukan, itu adalah aktivitas berisiko tinggi.

 Covid-19 turut memberikan dampak yang besar terhadap penurunan indeks harga saham di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan harga saham yang sedang rendah atau di bawah, saat ini justru merupakan momen yang baik untuk mulai berinvestasi dalam pasar saham.

Investasi saham memberikan hak dan kewajiban kepada pemegang saham atas perusahaan. Di antara hak yang paling umum adalah untuk menerima dividen (pembayaran berkala) yang dapat dilakukan perusahaan untuk berbagi keuntungan dengan pemegang sahamnya. Mengingat semua hal di atas, penting bagi pemegang saham untuk mengetahui cara membaca dan memahami dasar-dasar berinvestasi dalam saham.

Apa itu Saham?

Saham adalah surat kepemilikan sehubungan dengan aset perusahaan. Saham tidak hanya mewakili instrumen tabungan dan investasi. Mereka juga merupakan hak milik perusahaan. Jadi, setiap kali Anda membeli saham, Anda menjadi pemilik bagian perusahaan, yang secara langsung berkaitan dengan jumlah saham yang Anda miliki.

Karena itu, semakin banyak saham yang Anda miliki di perusahaan, semakin tinggi persentase kepemilikan yang Anda kendalikan. Pada gilirannya, perusahaan menerbitkan saham sebagai cara untuk mendapatkan pembiayaan untuk berbagai proyek mereka.

Ketika sebuah perusahaan diperdagangkan secara publik, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar saham; Pembeli dan penjual menentukan harga saham. Hasil dari mengalikan harga saham di pasar dengan jumlah saham yang ada sama dengan nilai pasar atau kapitalisasi perusahaan. Kriteria ini sangat berguna untuk menentukan nilai riil suatu perusahaan.

Penentuan harga saham perusahaan berdasarkan, penilaian yang dibuat pasar atas ekspektasi perusahaan yang terdaftar. Dalam pengertian ini, Pasar Saham dapat dianggap sebagai "barometer" ekonomi.

Investasi Saham: Sumber Keuntungan

Capital Gain: Ini adalah keuntungan yang diperoleh dari penjualan saham. Keuntungan ini ditentukan oleh "nilai tertinggi" yang Anda dapatkan antara harga saat Anda membeli saham dan harga jual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN