Mohon tunggu...
Hans Andre Martinus Supit
Hans Andre Martinus Supit Mohon Tunggu... Coach Financial Planner

Life long learner

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Perencanaan Keuangan, Kunci Sukses Mencapai Tujuan Bisnis dan Pribadi Anda

22 Maret 2020   15:05 Diperbarui: 22 Maret 2020   15:01 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perencanaan Keuangan, Kunci Sukses Mencapai Tujuan Bisnis dan Pribadi Anda
Perencanaan Keuangan (forbes.com)

Masa depan sangat tidak terduga. Tak peduli seberapa keras usaha Anda, terkadang kondisi bisnis dapat berubah fluktuatif dalam waktu sekejap. Masing -- masing orang mungkin memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai. Namun, tujuan -- tujuan tersebut tidak akan bisa dicapai tanpa adanya perencanaan keuangan yang solid.

Lalu, apa itu perencanaan keuangan? Perencanaan keuangan merupakan strategi untuk mencapai tujuan hidup Anda dengan manajemen keuangan yang cermat. Hal ini penting untuk membentuk dan melindungi masa depan yang lebih baik. Jika ingin sukses mengembangkan bisnis, perencanaan keuangan harus menjadi bahan pertimbangan. Berikut adalah pentingnya perencanaan keuangan untuk masa depan bisnis Anda.

1. Pertumbuhan Penghasilan

Perencanaan keuangan membantu agar Anda mampu memantau sumber penghasilan dengan lebih baik. Hal ini membuat Anda lebih mudah fokus meningkatkan nilai aset dan memanfaatkan keuangan pada saat yang tepat.

Dengan perencanaan keuangan yang akurat, Anda bisa mengambil posisi terdepan untuk mengendalikan semua aspek penghasilan sehingga mampu membangun keuangan yang solid dalam tujuan bisnis maupun personal.

2. Pertumbuhan Arus Kas

Penghasilan yang terus tumbuh secara alami mengarah pada arus kas. Perencanaan keuangan diperlukan untuk kegiatan sehari -- hari bisnis dan mengelola pengeluaran.

Dengan analisa yang cermat terhadap pola anggaran belanja Anda, maka akan lebih mudah mengidentifikasi kegiatan dan tanggung jawab yang perlu diperhatikan. Prioritas pengeluaran seperti itu dapat secara signifikan membantu memantau arus kas Anda, mengurangi pengeluaran yang tak perlu dan membangun modal yang lebih terstruktur.

3. Melindungi Masa Depan Keluarga

Dalam perencanaan keuangan juga mencakup masa depan yang aman dan terjamin bagi keluarga Anda. Tabungan yang dihasilkan dari perencanaan keuangan secara hati -- hati akan menjadi aset berharga di masa depan, terutama ketika menghadapi masa -- masa sulit.

4. Investasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN