Beberapa waktu yang lalu saya sempat menghadiri acara mengenai branding untuk influencer. Sebagai blogger saya diingatkan untuk mempunyai branding. Apa yang menjadi ciri khas sendiri sehingga membedakan diri sendiri dengan yang lain .Â
Sebagai blogger saja perlu branding, apalagi negara kita negara Indonesia. Setelah Indonesia mendapat penghargaan dibidang pariwisata di Internasional dan mengikuti acara-acara diluar negeri. Nama Indonesia semakin harum dan bisa berdampak makin banyak wisatawan asing tau mengenai Indonesia.
Diacara diskusi media Branding Indonesia dalam relaunching portal Indonesia.go.id ,Â
Portal. Go.id awalnya adalah portal kesetneg dengan perjalan waktu portal ini berjalan dengan kemominfo.
Pak Rhenald Khasali sebagai founder dari Rumah Perubahan  menjelaskan tahapan-tahapan branding.Â
Salah satu cara meningkatkan branding Indonesia melalui portal berita Indonesia.Go.Id , portal ini sudah ada sebelumnya hanya tanggal 10 Desember 2018 di kantor Kemkominfo web ini kembali diluncurkan .
"Portal ini adalah kerjasama atara kemkominfo dan setneg mengenai pentingnya rebranding untuk memudahkan komunikasi "ujar pak Rudiantara- Menteri Kemenkominfo menjelaskanÂ
Dengan adanya rebranding mempermudah komunikasi , juga nenyangkut masalah positioning ,Â
materi yang disampaikan didalam portal ini isi tidak boleh sembarang, tulisan sebagai fakta, agar brand value tetap terpecaya sebagai : trusted goverment portal
Portal ini juga berfungsi untuk mencegah adanya hoax ada fitur hoax apa tidak
Via portal ini pemerintah  bisa Iangsung memyampaikan informasi yang menganbarkan tentang indoneasia yang memberikan gambaran untuh mengenai halaman Depan indonesia untuk memberikan. Gambaran baik masyarakat didalam dan luar negeri.