Mohon tunggu...
Hani Rai
Hani Rai Mohon Tunggu... Petani - Belajar jadi petani

blogging, handcrafting, journaling, eco farming

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Rumah Cantik Lebaran

6 April 2024   19:25 Diperbarui: 6 April 2024   19:28 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjelang lebaran, biasanya kita sibuk mempercantik rumah. Sesungguhnya membersihkan dan merapikan rumah dilakukan saat menyambut ramadhan, istilahnya tarhib ramadhan. Jadi saat ramadhan, hati bersih, rumah terkondisikan bersih dan rapi, dan memunculkan semangat untuk menjalani ibadah ramadhan.

Namun yang namanya rumah, dalam sehari pun sudah kotor dan berantakan. Jadi rapi-rapi ini dilakukan harian ataupun mingguan. Lalu apakah untuk menyambut lebaran, kita perlu ekstra rapi-rapi?

Idul Fitri artinya kembali pada kesucian. Untuk menyambut hari yang fitri, hari yang suci, dengan keriuhan saudara dan handai taulan yang berkunjung, rumah bersih akan membuat nyaman. Demikian pula yang mudik ke kampung halaman, lebih nyaman meninggalkan rumah dalam keadaan bersih daripada kotor. Karena saat arus balik nanti, pekerjaan rumah akan banyak menunggu.

Apa saja rapi - rapi rumah jelang lebaran ?

- Memperbaiki kebocoran dinding dan atap
Perubahan cuaca ekstrim membuat dinding retak dan air rembes. Jika rumah anda mengalami dinding menangis atau atap bocor, maka sebaiknya segera bereskan masalah tersebut. Tentunya anda tak ingin terjadi kebocoran saat tamu-tamu berdatangan. Atau saat kembali dari mudik, lantai rumah tergenang dan karpetnya basah. Wah jadi masalah baru.


- Bersihkan dan gulung karpet/lampit/tikar
Saat banyak tamu dan kursi rumah tak cukup, maka opsinya adalah menggelar karpet, lampit, tikar, dll. Nah untuk itu, bersihkan alas duduk ini. Gunakan vacuum cleaner untuk mempermudah pekerjaan ini. Setelah bersih, gulung rapi dan siap digelar kala silaturahmi.

- Mengecat dinding rumah
Dinding rumah mulai kusam atau banyak coretan? Ini saatnya mengecat rumah. Dinding  bersih membuat rumah terasa lapang.

- Bersih-bersih kulkas, dapur
Karena menjelang lebaran akan banyak memasak, maka kulkas dan dapur musti bersih sehingga lebih mudah memasak. Biasakan Fifo (first in first out) agar sistem restok barang bisa berjalan.

- Ingin suasana baru dengan budget terbatas ?
Tak perlu beli furnitur baru. Anda bisa menambahkan cover sofa dan mengupgrade sarung bantal dengan tone warna yang diinginkan : earth tone, warna warni, atau sentuhan etnis

 

Sumber : pribadi
Sumber : pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun