hanip rahman
hanip rahman Jurnalis

hanip rahman

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Man Jadda Wajada, Lima Tahun Memulai Bisnis, Pemuda Ini Kantongi Omzet Rp 23 Juta Sebulan

16 Mei 2019   15:17 Diperbarui: 16 Mei 2019   15:51 49 1 0
Man Jadda Wajada, Lima Tahun Memulai Bisnis, Pemuda Ini Kantongi Omzet Rp 23 Juta Sebulan
dokpri

Bandung (Barendo.Times) -- Hampir lima tahun Abu Muslim Alkhaulani memulai bisnisnya dibidang fashion sport. Berawal dari hobi futsal, Abu memulai usahanya dengan menjual Saddle Shoes. Seiring dengan hobi tersebut, Abu merintis bisnis yang dikenal MJW Sport.

"berawal dari pas waktu kuliah semester dua, abu kan hobi futsal, jadi beli satu saddle shoes dari temen, buat sepatu karena memang lagi butuh juga, nah dari situ baru kepikiran buat bikin usaha, kebetulan pas saya cek di instagram juga, pasar saddle shoes masih kosong untuk daerah bandung, iseng-iseng saja bikin akun instagram, nah kan ada satu saddle shoes nih yang saya pake, nah difoto aja terus diupload ke instagram" kata Abu saat ditemui Barendo.Times, Bandung, Kamis (16/05/2019) siang.

Dalam usahanya, Abu menggunakan media sosial Instagram untuk memasarkan produknya. Selain itu, ia juga memanfaatkan sponsorship dan endorse untuk mempromosikan produk agar lebih dikenal oleh masyarakat.

dok. istimewa
dok. istimewa
Beberapa tantangan pun dihadapi Abu dalam merintis bisnis. Mulai dari mengatur keuangan hingga banyaknya kompetitor yang bersaing dengan produk yang sama. Dengan demikian, Abu pun bersikeras dengan memerhatikan kualitas dan bernil

Produk buatannya, kini sudah banyak dipesan. Mulai dari institusi seperti univeristas hingga klub futsal profesional menggunakan produk dari MJW Sport ini. Agar dikenal konsumen secara luas, Abu mencoba dengan menawarkan kerjasama dalam bentuk pengadaan jersey. Dengan begitu, pesanan pun berdatangan.

"penah mensponsori tim futsal woman profesional dari salah satu kampus negeri di Bandung, itu udah tiga musim berturut-turut, dan Alhamdulillah menang terus, bukan itu saja, tim komunitas sepakbola amatir juga pernah," ujarnya

Dengan demikian, Abu menambahkan mampu mengantongi omzet hingga Rp 23 juta per bulan saat pesanan ramai. Hal ini terjadi saat kompetisi liga futsal dimulai, dimana banyak sekali masyarakat yang berminat memesan karena bertepatan dengan kompetisi futsal nasional.

"Alhamdulillah kalo lagi ramai pesanan bisa sampai 23 juta, itu pas mulai liga futsal nasional karena emang lagi ramai-ramainya waktu itu," tambahnya.

Abu menambahkan, pesanan yang datang tidak hanya dari lokal Bandung saja. Akan tetapi, dari berbagai daerah. Antara lain, Aceh, Padang, Pontianak, hingga Papua.

"kalo pesanan sih sesuai yang pesan saja, tapi pernah juga ke Aceh, Padang, Pontianak, Papua juga pernah, kebanyakan pesan kaos kaki anti slip sama suddleshoes." Tutup Abu.

dokpri
dokpri
Abu juga mengharapkan agar masyarakat semakin mencintai dan menggunakan produk-karya anak bangsa dan juga agar bisnisnya semakin berkembang dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.