Mohon tunggu...
Haninda MaulidyasiwiHerin
Haninda MaulidyasiwiHerin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Saya memiliki hobby menonton drama dan berkebun.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jangan Anggap Sepele Konflik! Mahasiswi Universitas Diponegoro Memberikan Edukasi tentang Konflik dan Cara Penyelesaian Konflik dengan Baik

12 Agustus 2022   02:58 Diperbarui: 12 Agustus 2022   03:00 55 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

https://ibb.co/m93mDKK

Jakasampurna, Bekasi (22/07/22) –Dalam hidup terjadinya sebuah konflik merupakan hal yang wajar, Konflik pada umumnya berlatar belakang adanya perbedaan. Perbedaan sendiri adalah bagian tak terpisahkan dari realitas kehidupan. secara sosiologi konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih konflik dapat terjadi kapanpun. konflik dapat terjadi diantara individu dengan individu, individu dengan suatu kelompok, atau kelompok dengan kelompok lain. timbul nya konflik dapat disebabkan oleh perbedaan pendapat,keyakinan,adat istiadat, pengetahuan dan yang lain sebagainya.

dalam bersosialisasi timbul nya perbedaan, perselisihan dan pertentangan adalah hal yang biasa tetapi hal ini akan menjadi berbahaya ketika konflik berubah menjadi kekerasan, yang akibat nya menciptakan sebuah dampak yang negatif,  tetapi jika konflik diselesaikan dengan cara yang baik dan bijaksana, konflik akan memiliki dampak yang positif dikarenakan konflik dapat menjadi sumber perubahan, meningkatkan solidaritas antar individu atau kelompok, membantu menciptakan norma baru dalam kehidupan bermasyarakat, meningkatkan efektivitas dalam organisasi, perusahaan atau masyarakat serta sebagai penyeimbang dari kekuatan yang ada.

https://ibb.co/mC1QHY9

Konflik dapat diselesaikan dengan berbagai cara, Kompetisi, Akomodasi,Sharing,Kolaborasi dan Penghindaran. Dalam menyelesaikan konflik penting untuk meperhatikan beberapa hal seperti melihat dari situasi,sikap dan perilaku serta konflik harus diselesaikan dengan hati yang tenang tanpa melibatkan emosi agar menghasilkan keputusan yang baik.
Menyadari penting nya cara menyelesaikan konflik dengan baik, Mahasiswi KKN Universitas Diponegoro melakukan “Pemberian Edukasi tentang Konflik” pada masyarakat Kelurahan Jakasampurna RT 5 RW 13 secara door to door dengan harapan masyarakat paham akan pentingnya penyelesaian konflik dengan baik agar memberikan dampak positif dan menghindari timbul nya dampak negatif dari sebuah konflik.

Penulis : Haninda Maulidyasiwi Herin
(Fakultas Sekolah Vokasi Informasi dan Hubungan Masyarakat)
DPL : Dr. Aminah, S.H., M.Si.
Lokasi KKN : Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan